2 Jam Bersama Muhammad Darwis, Dosen UNM

0
110

2 Jam Bersama Muhammad Darwis, Dosen UNM

Elyas
SMK Negeri 4 Yogyakarta
#Orang literat menemubaling
#Salam Odow, one day one writing
Baca juga di www.sagusabos.com
12-1-2018 pukul 05.49

Malam tadi aku meluncur ke Hotel Novotel. Hotel ini berada di sebelah Galeria, depan Rumah Sakit Bethesda Jalan Solo Yogyakarta. Ke Novotel bukan untuk menghinap, akan tetapi bertemu dengan Bapak Muhammad Darwis. Beliau dosen Universitas Negeri Makasar (UNM) yang sedang berada di Yogyakarta . Kedatangan beliau ke Yogyakarta untuk menghadiri pertemuan yang digagas oleh World Bank. Di sela-sela kesibukannya beliau menyempatkan diri untuk belajar penggunaan tab A8.

Baginya menggunakan tab A8 sangat asyik. Rasa ingin tahunya yang luar biasa, akupun menyempatkan diri 2 jam bersama beliau mempraktekkan penggunaan tab A8. Seperti biasa, pertama menghubungkan antara tab A8 dengan LCD atau TV. Kebetulan di kamar beliau tersedia TV, aku hubungkan dengan Tab A8. Aku Terangkan mulai dari mencolokkan any cast ke HDMI, merubah channel TV ke HDMI. Setelah muncul tulisan waiting for connection, di usaplah Tab A8 satu kali, usap lagi satu kali, klik Smart View, maka tab A8 terhubung dengan TV.

Apapun yang ada di Tab 8 Semua terlihat di TV. Artinya sudah ada koneksi yang bagus antara tab 8 dengan TV. Sekali lagi tab A8 bisa terkoneksi dengan TV karena ada alat bantu yang namanya any cast. Jadi alat inilah berfungsi sebagai display, menghubungkan antara Tab 8 ke layar TV. Sedangkan untuk menghubungkan ke LCD yang sudah terpasang di atas, membutuhkan converter HDMI to VGA. Fungsi TV dan LCD sama, sama-sama sebagai alat untuk display supaya kelihatan lebih besar, dan mudah terlihat oleh audiens.

Saat Tab 8 dan TV sudah connect, langkah berikutnya adalah mempraktekkan aplikasi yang ada di Tab 8. Aplikasi yang dipraktekkan mulai dari menemu baling, menulis dengan mulut membaca dengan telinga, S-note
dll. Aplikasi S-note merupakan aplikasi andalan yang dimiliki oleh tab A8, dengan bantuan pens. interaksi belajar mengajar akan lebih cair dan mudah memanfaatkan S-note. S-note menyuguhkan mulai dari teks, simbol, audio, dan video, semua bisa ditampilkan secara mudah. Materi-materi yang ada di internet bisa dimunculkan S-note begitu mudahnya. S-note ini ibaratnya sebuah pertunjukan, apapun yang kita inginkan ada di situ tinggal memainkannya.

Setelah Cukup puas mempraktekkan s-note, beliau bertanya ke hal yang lain bagaimana caranya menghubungkan antara speaker bluetooth ke Tab 8. Kebetulan malam itu saya bawa speaker, yang koneksinya cukup menggunakan bluetooth. Cukup sederhana bluetooth yang ada di Tab 8 diaktifkan, saat speaker aktif akan terlihat nama bluetooth nya. Nama bluetooth diklik maka akan terkoneksi antara Tab 8 dengan speaker. Apapun audio yang ada di Tab 8 akan terdengar dengan nyaring di speaker yang telah terhubung melalui bluetooth.

Mau speaker bluetooth beserta tab A8 serta aksesoris yang lain, seperti yang dimiliki oleh Bapak Muhammad Darwis yang berasal dari Universitas Negeri Makasar? Boleh dong kontak dengan Elyas HP/WA/Telegram 0857 4399 0045. Ditunggu ya rasakan manfaatnya untuk peningkatan kualitas pembelajaran, presentasi dan lain sebagainya cukup dari tab A8. 😊😊😊

Views All Time
Views All Time
217
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY