0
30

Nama: Herlinda

Unit kerja: PAUD KB Permata Bunda Sei. Rambai

Judul artikel: Menulis Mudah bersama SaGuSaku (IGI)

Artikel : Menulis, seringkali menjadi sebuah kegiatan yang membosankan, baik bagi pelajar maupun pengajar. Apalagi  di zaman sekarang ini. Kebanyakan orang lebih betah menggunakan handphone ketimbang menulis di buku. Setiap orang bisa menghabiskan waktu berjam – jam hanya untuk online di internet, dan tidak menghasilkan apa-apa. Daripada menuliskan pengalaman atau Sesuatu yang bermanfaat di buku.

Dari pengalaman ini IGI (Ikatan Guru Indonesia) membuat inovasi baru bagi Guru-Guru di seluruh Indonesia.
Dengan mengadakan pelatihan- pelatihan bagi guru – guru di berbagai wilayah Indonesia untuk menampung aspirasi dan membantu guru – guru indonesia agar lebih kreatif dan mencintai menulis.
IGI memiliki 67 plus 19 kanal pelatihan yang setiap bulannya akan diadakan di berbagai daerah Indonesia. salah satu kanal nya ialah SAGUSAKU (satu guru satu buku). Yang mewajibkan 1 Guru harus menghasilkan minimal 1 buku usai pelatihan.

Pada tanggal (28 dan 29/7/2018) IGI mengadakan diklat yang berada di Tanjung Jabung Barat, Jambi. Dengan Motto ” meluangkan waktu untuk menulis bukan menunggu waktu luang untuk menulis” serta mendatangkan Narasumber dari Jakarta ibu Nurbadriyah M.Pd.
Yang mengajarkan bagaimana cara menulis buku dengan mudah tanpa harus menulis dengan tangan di sebuah buku, melainkan hanya cukup menggunakan aplikasi di Android masing-masing.
Beliau mengatakan “Sekarang tidak ada alasan untuk tidak bisa menulis buku, dengan aplikasi di Android, semua orang bisa menulis.”

Beliau memotivasi guru-guru dan memberikan jalan agar hasil karya dari guru-guru dapat diterbitkan dengan harga yang murah dan mudah mendapatkan nomor ISBN dan akan dipajang di Perpustakaan Nasional.
IGI juga menghadirkan desainer cover asal Riau Bp. Guslaini, M.pd (BHP riau) yang akan membantu guru-guru yang telah menyelesaikan tulisannya untuk membuatkan desain cover nya secara gratis.

IGI terus menggalakkan pelatihan-pelatihan di sejumlah daerah tujuannya adalah agar guru – guru yang berada di pelosok – pelosok indonesia juga bisa mendapat kan pembelajaran dan pengetahuan baru tentang cara Menulis sebuah Buku dengan mudah tanpa harus duduk dan menulis tangan atau mengetik yang akan terasa membosankan.

Dengan menggunakan android dan aplikasi Notepad, penulis akan menulis dengan cara mendikte, cara menulis seperti ini akan lebih memudahkan penulis untuk menyelesaikan penulisan nya dengan cepat dan mudah.

Saya sendiri merasa terbantu sekali sebab selama ini keinginan untuk menulis sebuah buku selalu terkendala pada rasa bosan dan akhirnya penulisan tidak terselesaikan.
Adanya pelatihan ini menginspirasi kami guru – guru untuk lebih kreatif menulis. Dan mencurahkan nya pada blog yang telah disediakan langsung oleh IGI.

Terima kasih IGI
Semoga IGI tetap jaya dan terus memotivasi guru-guru di seluruh Indonesia untuk menjadi guru-guru hebat yang akan mengharumkan nama Indonesia.

Views All Time
Views All Time
133
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY