PELATIHAN SAGUSAKU DI YAYASAN BAKTI AGRO MANDIRI (YBAM)

0
155

PELATIHAN SAGUSAKU DI YAYASAN BAKTI AGRO MANDIRI (YBAM)

Siap Laksanakan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Wujud Karya Nyata

Kemampuan Literasi bukan hal yang asing lagi di dunia pendidikan baik bagi siswa maupun guru. Namun demikian, pada umumnya penerapan literasi belum dapat dilaksanakan secara terprogram sehingga tidak dapat menghasilkan suatu produk hasil dari literasi itu sendiri. Sekolah yang letaknya di daerah perkotaan dengan fasilitas yang memadai dan jumlah warga belajar yang banyak, tentunya dapat melaksanakan kegiatan literasi ini secara terprogram dan terarah. Sehingga dapat menghasilkan produk dari kegiatan literasi ini yang berupa karya-karya, baik siswa maupun gurunya. Akan tetapi fasilitas yang memadai dan jumlah warga belajar yang banyak belumlah cukup untuk menjadi syarat keberhasilan program literasi. Dalam hal ini kehadiran sang penggerak literasi adalah kunci utama untuk melaksanakan program literasi yang mampu memberikan motivasi dan inspirasi sehingga akan melahirkan karya-karya yang gemilang.

Pada tanggal 2 s/d 3 Maret 2019, Yayasan Bakti Agro Mandiri (YBAM) melaksanakan kegiatan Diklat Literasi Sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di SD 014 MERANTI Kecamatan Teluk Belengkong Kabupaten Indragiri hilir. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini diikuti oleh 30 orang guru sebagai peserta dan 1 orang narasumber. Peserta Diklat Literasi Sekolah ini berasal dari 7 sekolah yang ada di bawah naungan Yayasan Bakti Agro Mandiri (YBAM). Terdiri dari 10 peserta utusan dari SD 014 Meranti, 7 peserta utusan dari SD 016 Mahoni, 2 peserta utusan dari SD 015 Kempas, 3 peserta utusan dari SD 029 Tembusu, 2 peserta utusan dari SD 028 Rosewood, 1 peserta utusan dari TK Tembusu, 4 peserta utusan dari PAUD Mentari dan 1 peserta utusan dari TK Meranti.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Zainudin, S.Pd.SD selaku Ketua Panitia dalam acara pembukaan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan literasi sekolah. Sehingga diharapkan sekolah-sekolah yang ada di bawah naungan Yayasan Bakti Agro Mandiri (YBAM)  dapat melaksanakan kegiatan literasi sekolah secara maksimal. Dalam kesempatan itu juga, ia menyampaikan bahwa Gerakan Literasi merupakan penerapan dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 23 Tahun 2015, tentang pendidikan budi pekerti, maka perlu adanya bimbingan secara tekhnis maupun pembekalan kepada guru-guru yang ada.  Dalam kegiatan ini, panitia menghadirkan seorang narasumber yaitu Bapak Suyatna, S.Pd selaku Pegiat Literasi Inhil. Beliau adalah seorang penulis yang telah menghasilkan beberapa buku melalui SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) dan juga beberap buku antologi karya siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah (GELIS) SAGUSAKU IGI.

Peserta sangat antusias dan tetap semangat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya:  Pemahaman tentang literasi  produktif, Merancang program kegiatan literasi sekolah, Membuat laporan kegiatan literasi sekolah. Dalam kesempatan ini juga, disampaikan beberapa materi tentang kepenulisan yaitu: Mengubah  mindset tentang menulis, Langkah-langkah menulis buku, Penerbitan buku, Publikasi tulisan. Kegiatan diakhiri dengan praktek menulis. Beberapa hasil tulisan peserta dibacakan dan diberikan ulasan oleh narasumber.  Di akhir kegiatan, peserta berkomitmen untuk melahirkan karya-karyanya melalui SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) Ikatan Guru Indonesia dan siap menggerakan kegiatan literasi aksi disekolahnya masing-masing sehingga akan lahir buku antologi hasil karya siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah (GELIS).

Views All Time
Views All Time
169
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY