4 Amalan Paling Utama dan Dicintai Allah SWT di Hari Jum’at

0
41
ceramah imtaq
Selama tujuh hari dalam seminggu terdapat satu hari yang sangat istimewa dalam Islam. Adalah hari Jumat, yang begitu diagungkan karena memiliki banyak keberkahan dari pagi hingga menjelang malam. Hari Jum’at merupakan sayyidul ayyam ( tuannya hari_hari paling mulia) sebagaimana dalam satu tahun ada sayyidus shuhur (tuannya bulan_bulan paling mulia) yakni Bulan Puasa dan malam yang paling mulia dalam satu tahun adalah malam lailatul qadar.
Demikian diungkapkan Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman mengawali ceramahnya pada imtaq Jum’at (10/1/2020) yang diikuti oleh seluruh dewan guru, staf karyawan dan siswa-siswa di lapangan madrasah. Imtaq Jum’at Pagi ini merupakan kegiatan imtaq perdana untuk semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Sebelum ceramah imtaq kegiatan diawali sholat Dhuha, doa dan pembacaan Surat Yasin secara bersama-sama.
Menurut H. Suparman melanjutkan ceramahnya ada 4 (empat) amalan paling utama dan paling dianjurkan untuk setiap muslim serta dicintai Allah SWT pada hari Jum’at bila diamalkan dari pagi hingga menjelang malam. Pertama adalah memperbanyak zikir pada Allah SWT, selalu ingat kepada Allah SWT dengan sering-sering menyebut Asma Allah serta melafalkan zikrullah dan memperbanyak membaca surah Al-Ikhlas dengan kesucian-Nya, keagungan-Nya kita akan diberikan pahala yang berlipat ganda, jelas Suparman.
Berikutnya yang kedua menurut Suparman adalah memperbanyak doa, sebab sesuatu pekerjaan akan dimuliakan oleh Allah SWT karna beberapa hal yaitu berdasarkan waktunya, zamannya atau masanya sebagaimana hari Jum’at adalah waktu yang baik untuk dikabulkan doa kita, sama serti keutamaan malam lailatul qadar itu nilainya sama dengan amalan seribu bulan. Yang berikutnya adalah disebabkan berdasarkan tempatnya sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Zakaria doanya dikabulkan ingin mempunyai keturunan ketika berdoa di dalam mihrab Maryam ibunda Nabi Isa AS.
Selanjutnya amalan utama pada hari Jum’at yang ketiga tambah Suparman adalah meminta ampun kepada Allah SWT. Meminta ampun dengan memperbanyak istighfar. Dengan istighfar mampu merubah sesuatu yang tidak mungkin jadi mungkin, dengan selalu meminta ampun sesuatu yang tidak mustahil jadi terwujud.
Sedangkan yang terakhir amalan yang paling dicintai pada hari Jum’at adalah memperbanyak Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW yamg diriwayatkan oleh Baihaqi dikatakatan “Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”
Mengapa kita dianjurkan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW karna hanya Nabi SAW lah yang bisa memberikan kita syafaatnya kelak dihari kiamat. Cara untuk mendapatkannya adalah dengan memperbanyak shalawat pada hari Jumat yang istimewa ini, maka perbanyak shalawat, karena shalawat kita pada hari ini akan langsung diterima sang Nabi, tandas Suparman.
Sebelum menutup ceramahnya Suparman berpesan kepada para siswa selain mengejar kepintaran dalam belajar agar selalu mengedepankan sikap yang sholeh sholehah kepada orangtua, guru-guru, dan para ulama karna banyak orang pintar tapi tidak sholeh sehingga ia sombong dengan kepintarannya sendiri tapi kalau sholeh pasti akan selamat dunia akhirat. (@ruslanwahid)
Views All Time
Views All Time
16
Views Today
Views Today
2

LEAVE A REPLY