Bagaimana Pelaksanaan KBM Selama COVID-19?

0
143

Bagaimana Pelaksanaan KBM Selama COVID-19?

Edy Siswanto

Masih ada pertanyaan. Bagaimana pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama tanggap darurat Covid-19.

Seperti dalam edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Nomor 443.2/08997. Tanggal 20 Maret 2020. Tentang Implementasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Jarak Jauh Pada SMK, SMA dan SLB. Berikut diantara ringkasannya.

Pertama, dilaksanakan secara daring terhitung mulai tanggal 16 s.d 29 Maret 2020 (14 hari) dan selanjutnya akan dilakukan evaluasi sesuai dengan dinamika efektifitas pembelajaran maupun status kadaruratan penularan dan penyebaran Covid-19.

Kedua, KBM daring harus dapat diselenggarakan dalam komunikasi atau proses yang menyenangkan, yang diarahkan untuk mendorong peserta didik tetap belajar dalam suasana apapun, dan sekaligus menjaga peserta didik untuk tidak melakukan mobilitas di luar rumah yang merupakan salah satu langkah dalam upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19.

Ketiga, pelaksanaan KBM daring diharapkan diselenggarakan secara bijak dan ramah dengan memperhatikan situasi dan kondisi, maupun latar belakang dan hambatan yang dimiliki peserta didik serta melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan bagi semua peserta didik.

Adapun media lain yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana KBM daring (whatshap, facebook, email, google classroom, dll).

KBM dimaksud dapat diselenggarakan melalui video conference, digital dokumen, dan sarana daring lainnya, dan satuan pendidikan dapat memilih serta memanfaatkan berbagai fasilitas sistem aplikasi yang tersedia yang disesuaikan dengan karakter materi pembelajaran.

Keempat, dalam pelaksanaan KBM daring tersebut, setiap guru dapat mengembangkan proses belajar yang kreatif, menyenangkan, menantang, melatih kemandirian dan tidak memberatkan peserta didik.

Penugasan dimaksud dilakukan melalui pemberian tugas untuk mempelajari, mengamati, mengapresiasi, mengungkapkan, dan jenis penugasan lain yang tidak membebani serta tidak semata-mata dalam bentuk penyelesaian soal-soal.

Kelima, Khusus untuk peserta didik yang sedang mempersiapkan diri mengikuti Ujian Nasional (UNBK). KBM daring dapat digunakan untuk pendalaman materi
Ujian Nasional, dan/atau pembahasan latihan soal-soal yang tersedia dalam bank soal.

Kenam, Kepala Sekolah berkewajiban memantau, mengkoordinasikan,
mengendalikan, dan melaporkan keefektifan pemberian tugas-tugas yang dilaksanakan oleh pendidik kepada peserta didik dengan tetap menjamin keberlangsungan KBM daring yang tidak menimbulkan resistensi/ketidaknyamanan/pertentangan di kalangan orang tua/wali dan peserta didik (dibangun secara kondusif).

Ketujuh, Setiap guru wajib menyampaikan laporan kepada KS tentang
pelaksanaan KBM daring sesuai mata pelajaran yang diampunya dengan disertai RPP untuk mapel yang diajarkan.

Kedelapan, KS bersama Pengawas Pembina melakukan supervisi atas pelaksanaan dan materi pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru dalam KBM daring.

Kesembilan, KS wajib melaporkan rangkuman keterpenuhan pelaksanaan KBM daring yang diselenggarakan oleh guru pada satuan pendidikan yang dipimpinnya kepada Pengawas dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) wilayah setempat.

Kesepuluh, Pengawas, KS, Guru, dan Tenaga Kependidikan wajib menyampaikan laporan pelaksanaan tugasnya kepada Kadisdikbud Jateng daring melalui alamat website : https://siadik.pdkjateng.go.id/rs/ dengan login menggunakan NIP bagi Guru dan Tenaga Kependidikan ASN, menggunakan NIK bagi GTT dan PTT, menggunakan NPSN bagi Guru dan Tendik Satuan Pendidikan Swasta. Terhadap Pengawas dan guru ASN yang belum bisa login di ejurnal dapat menambahkan datanya di sekolah induk melalui alamat website:https://dataguru.pdkjateng.go.id/.

Mempertimbangkan bahwa prinsip dasar pengelolaan dan penyelenggaraan layanan pendidikan adalah mengutamakan keselamatan warga pendidikan, dan sekaligus guna meminimalkan aktifitas di luar rumah, maka kepada guru dan tenaga kependidikan diminta untuk melaksanakan tugasnya dari tempat tinggal/rumahnya masing-masing.

Kehadiran guru dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan diatur oleh Kepala Sekolah melalui piket dengan jumlah personal secara terbatas, dan kehadiran di sekolah wajib mematuhi ketentuan yang diberlakukan dalam upaya pencegahan dan penularan Covid-19.

Adapun untuk mendukung dan sebagai referensi KBM jarak jauh dapat dipedomani dengan mengginakan sistem aplikasi yang sudah disediakan antara lain:
a. Jateng Pintar (https://pintar.jatengprov.go.id).
b. Kelas Jateng (https://kelas.pdkjateng.go.id).
c. Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id).
d. Google G Suites for Education (https://blog.google/outreach-
initiatives/ education/offline-acces.covid19/).
e. Kelas Pintar (https://kelaspintar.id).
f. Microsoft Office 365 (https://microsoft.com/id-id/education/ products/
office).
g. Quipper School (https://quipper.com/id/school/teachers).
h. Sekolah Online Ruang Guru (https://ruangguru.onelink. meblPk/
efe72b2e).
i. Sekolahmu (https://www.sekolah.mu/tanpabatas).
j. Zenius (https://zenius.net/belajar-mandiri).

Joss..selamat belajar jarak jauh..tempat bukan halangan..sudah menjadi hal biasa bagi guru milenial..

Views All Time
Views All Time
39
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagaimana Pelaksanaan US, dan UKK SMK Selama Covid-19?
Next articleDIMENSI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH
Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pemerhati Politik dan Pendidikan, Guru SMK Negeri 4 Kendal Jawa Tengah. Lahir di Pemalang, 28 Oktober 1976. Lulus terbaik S1 Teknik Mesin Univet Semarang, tahun 2000. Lulus Cumlaude Pascasarjana S2 Manajemen Pendidikan Unnes Semarang, tahun 2009. Saat kuliah kegiatan aktivisnya berkembang. Pengalaman organisasi semasa kuliah. Berturut-turut : Menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Mesin tahun 1997-1998. Tercatat pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa di Fakultasnya tahun 1998-1999. Seiring bergulirnya reformasi pada tahun1998, aktif di organisasi mahasiswa Islam baik intra maupun ekstra kampus. Di Semarang turut membidani kelahiran Forum Kajian dan Studi Islam Aktual Strategis Semarang. Ikut serta melibatkan, mengorganisir gerakan aktivis kampus kala itu. Bersama lembaga mahasiswa ekstra kampus. Karenanya diskusi pemikiran dan Kajian keislaman menjadi santapan sehari-hari. Pengalaman pekerjaan sebagai Guru Teknik Mekanik Otomotif Kendaraan Ringan (TKRO) sejak tahun 1998 sampai sekarang. Dilaluinya penuh keprihatinan dengan jualan Koran, Majalah Forum Keadilan, Tempo dan Tabloid Adil saat itu. Mulai menulis sejak tahun 2001. Dengan dimuat di opini Harian Jawa Pos. Karenanya bacaan dan bahasan politik tak pernah asing. Dengan mengajar di berbagai SMK. Sejak tahun 1998-2000, Sebagai Guru Teknik Mekanik Otomotif Kendaraan Ringan SMK IPTEK Tugu Suharto Semarang. Tahun 2000-2003, Guru Teknik Mekanik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Pondok Modern Selamat Kendal. Tahun 2003-2008, Guru Teknik Mekanik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Bina Utama Kendal. Tahun 2008-sekarang, Guru Teknik Mekanik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Kendal. Tahun 2010-2015, sebagai Ketua PGRI Ranting SMKN 4 Kendal. Tahun 2012-sekarang, sebagai Ketua Komite Sekolah SDIT Alkautsar Sidorejo Brangsong Kendal. Tahun 2015-2020, sebagai Wakil Ketua PGRI Cabang Brangsong Kabupaten Kendal. Tahun 2016-2021, sebagai Ketua Bidang Organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Kendal. Tahun 2013-2017, Dosen Metodologi Penelitian dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Populer Universitas Ivet Semarang. Tahun 2017-2020, sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Negeri 4 Kendal. Tahun 2017-2022, Sebagai Ketua MGMP Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Kabupaten Kendal. Tahun 2017-2022, sebagai Ketua Guru Pembelajar Online TKRO SMK Kabupaten Kendal. Tahun 2017-2022, sebagai Direktur BUMDes Pangestu Hayati Desa Kertomulyo Brangsong Kendal. Tahun 2018-2021, sebagai Humas Asosiasi Guru Penulis (AGP) Kabupaten Kendal. Tahun 2018-sekarang, sebagai Kolumnis "Opini untukmu Guruku" Harian Jawa Pos Radar Semarang, wilayah Kendal. Tahun 2019-2024, Ketua Bidang Dakwah dan Kajian Alqur'an, Yayasan Majelis Taklim Pengkajian Alqur'an Husnul Khatimah Kendal. Tahun 2020-sekarang, editor Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia Maju (JIPIM) Banten. Beberapa tulisan artikel dan opini seputar politik dan pendidikan. Banyak dimuat diharian online maupun offline. Seperti Jawa Pos Radar Semarang, LPMP Jateng, Blog.IgI.or.id, gurusiana.id ; kompasiana.com/edysiswanto Buku yang sudah ditulis, "Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan" Penerbit MediaGuru Surabaya, tahun 2018. Buku yang lain dalam proses : "Guru Membangun Paradigma Berfikir" (on proses), "Smart School dan Sekolah Unggul" (on proses), "Pembelajaran Berbasis STEM" (on proses). "Membangun Kinerja Team Work yang Kuat" Tinggal di Kendal dengan satu istri dan tiga anak. Bisa dihubungi di HP. 081215936236 dan Facebook Edy Siswanto ; edysiswanto.gurusiana.id ; kurikulumedysiswanto atau email siswantoedy1976@gmail.com; myazizy_2008@yahoo.co.id ; tweeter : Edy Siswanto ; IG : Siswanto Edy

LEAVE A REPLY