Aplikasi Kamus Digital Istilah Berbasis Bahasa Basic

0
22
Teknologi informasi dan komunikasi pada dewasa ini memasuki semua dimensi kehidupan masyarakat. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi di tengah-tengah masyarakat, semua kalangan dapat dengan mudah mendapatkan sebuah informasi. Dalam suatu hal pastilah ada dua sisi yang berbeda dan berbeda juga menyikapinya. Positif dan negatifnya teknologi tergantung kepada kita sebagai penggunanya. Pemanfaatan terhadap teknologi secara positif dapat di implementasikan pada dunia pendidikan untuk memperbaiki mutu pendidikan. Sumber belajar dengan mudah di temukan oleh siswa dengan teknologi informasi dan kepraktisanlah serta kecanggihan yang menjadi nilai plusnya, tetapi tidak melupakan bobot dari materinya.
Teknologi mengarahkan manusia seakan-akan memeluk semua dimensi kehidupan, membuka wawasan cakrawala, serta membangun sebuah kreativitas untuk menciptakan inovasi. Pemanfaatan teknologi untuk dunia pendidikan sangatlah membantu dalam pembelajaran dikelas. Teknologi membuat siswa belajar lebih mandiri dan menambah rasa ingin tahu siswa terhadap pelajaran yang dikemas dengan menarik serta inovatif.
Visual basic merupakan salah satu dari teknologi informasi yang dapat digunakan secara maksimal dalam pendidikan. Pembuatan media dengan visual basic diharapkan mampu memenuhi inovasi dan variasi dalam pembelajaran di kelas. Pada dasarnya sudah banyak aplikasi yang diciptakan melalui program ini, akan tetapi yang bersifat pendidikan kurang diperhatikan. Aplikasi ini dipilih karena pada umumnya lebih dipahami oleh banyak kalangan termasuk guru dalam menjalankannya.
Kamus Istilah Berbasis Visual Basic
Menurut Harfatiani (2007:37) “kamus digital adalah kamus yang mengutamakan fasilitas elektroniks, yaitu fasilitas yang memungkinkan aplikasi pengolah kata memeriksa ejaan dari dokumen diketik”. Kamus sangatlah diperlukan untuk membantu pemahaman kita akan sesutu hal belum kita pahami makna atau hakikatnya.
Kamus sering kali dimanfaatkan dalam belajar dan pembelajaran bahasa inggris oleh siswa ataupun guru dalam media dan sumber belajarnya. Selain bahasa inggris dan indonesia kamus bisa kita kembangkan untuk semua disiplin ilmu dalam memahami suatu konsep istilah. Kita bisa memanfaatkan kamus dalam istilah sejarah, istilah geografi, istilah-istilah lainnya.
Membuat kamus melalui visual basic dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tujuan pembuatan kamus digital disiplin ilmu ini bertujuan untuk membantu dalam pemahaman konsep dan sebagai sumber belajar. misalnya kamus istilah geohistory, maka didalam kamus tersebut memuat istilah-istilah dalam geohistory itu sendiri.
1. Buatlah konsep yang akan anda buat
2. Ketik dalam word kata atau istilah yang anda inginkan. Hal ini memudahkan anda dalam mendata kata atau istilah apa saja sebelum membuat kamus.
3. Buka visual basic anda, klik standard exe dan open.
4. Form sudah tersedia dan desainlah kamus anda dengan.
2 label, 2 teksbox, 1 commandbottun.
Desainlah seperti dibawah ini, atau kembangkan sesuka anda. Tetapi untuk saran cobalah seperti ini saja, kalau sudah paham dengan dasarnya maka dapat dikembangkan lebih lanjut
5.  Gantilah dipoperti seperti berikut:
 Textbox : name = txtistilah
 Textbox : name = txtdefinisi
 Commandbutton : name = cmdTerjemahkan
caption = Terjemahkan
6. Lalu tuliskanlah source code berikut ini pada commandbutton (terjemahkan)
Private Sub cmdTerjemahkan_Click()
Dim kata As String
Open App.Path & “\data.txt” For Input As #1
kata = Me.txtistilah.Text
Do While Not EOF(1)
  Input #1, Data
  hasil = Split(Data, “-“)
  If Trim(hasil(0)) = kata Then
   Me.txtdefinisi.Text = hasil(1)
    Exit Do
  End If
Loop
Close #1
End Sub
7. Selesai mencoding, selanjutnya data yang word copy dan masukan di notepad, setelah selesai copy dan paste ke notepad dengan nama “data.text”.
8. Cara penulisan data dalam data di notepad
geohistory-sebuah disiplin ilmu yang mengkaji sejarah dengan data data geografi
9. Simpan project di folder anda dan simpan notepad dalam folder yang sama dengan project anda.
10. Selanjutnya untuk mencoba tekan F5
Link video kamus digital: https://youtu.be/6y-ZEHMh464
Untuk pengemabangan selanjutnya bisa anda kembangan dengan kreatifitas anda, kamus ini bisa di terapkan disemua bidang ilmu dan cocok sebagai sumber belajar siswa.
(Tulisan dimuat di Majalah Mimbar Kemenag Jawa Timur edisi februari 2020).
Views All Time
Views All Time
26
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY