DISDIKBUD TANAH LAUT MENGGELAR WEBINAR PENDIDIKAN MENYONGSONG TAHUN AJARAN BARU . Bagian Pertama

0
42

Pandemi COVID-19 masih belum menunjukkan ke arah penurunan alias melandai dalam beberapa waktu terakhir ini. Kondisi pandemi tersebut juga mengiringi pergantian tahun pelajaran dunia Pendidikan di Indonesia, dari tahun  ajaran 2019/2020 ke  tahun  ajaran 2020/2021. Selama beberapa bulan terakhir tahun  ajaran 2019/2020, sekolah diliburkan dan proses pembelajaran berlangsung dengan pola BDR (Belajar Dari Rumah) menggunakan metode PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)

Pada tahun  ajaran 2020/2021, sekitar pertengahan Juli 2020, pola BDR dengan metode PJJ akan tetap dilaksanakan pada sekolah yang berada di zona merah, oranye, dan kuning, sedangkan zona hijau dapat dilaksanakan tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan  pandemi COVID-19 yang ketat. Menurut SKB 4 Menteri Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), bahwa satuan pendidikan yang berada di daerah ZONA KUNING, ORANYE, dan MERAH, dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).

Kondisi inilah yang kemudian disikapi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut melalui Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar melaksanakan webinar pendidikan guna  persiapan memasuki tahun ajaran 2020/2021 bagi satuan pendidikan di Kabupaten Tanah Laut. Dengan adanya webinar Pendidikan dengan narasumber dari LPMP Kalimantan Selatan, Bapak Dr.Zaenal Fanani, M.Ed.

Dengan mengusung tema  ” Mengelola Kurikulum, Pembelajaran, dan Penilaian Di Masa Pandemi COVID-19” maka webinar pendidikan ini diharapkan dapat membangun  pemahaman dan kesiapan kepala sekolah, pengawas sekolah, guru, dan stakeholeder lainnya dalam menghadapi tahun ajaran baru, tahun 2020/2021,  dengan tetap memperhatikan  kondisi pandemi COVID -19 yang berlangsung saat ini. Kemudian, mampu mengambil sikap dan tindakan yang bijak dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah masing-masing.

Sebelum mengikuti kegiatan webinar tersebut, peserta terlebih dulu mendaftar secara daring melalui akun http://gg.gg/WEBINAR-DISDIKBUD-TALA. yang dimulai pada Rabu, 24 Juni 2020 dan ditutup pada Snin, 29 Juni 2020. Terdaftar sebanyak 239 peserta dari berbagai kalangan, baik guru SD dan SMP, kepala sekolah SD dan SMP, pengawas sekolah, dan pemerhati Pendidikan lainnya. Mayoritas pesertanya dari Kabupaten Tanah Laut, namun ada juga dari daerah lain yang ada di Kalimantan Selatan.

Kegiatan webinar dilaksanakan pada Rabu, 1 Juli 2020 yang dimulai pada pukul 09.00 WITA dengan menggunakan aplikasi zoom cloud meetings  pada link http://gg.gg/ACARA-WEBINAR-DISDIKBUD-TANAH-LAUT . Dibuka oleh host, Ahmad Muzani, M.Pd.I, dengan ‘basmalah’ , dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua peserta di tempatnya masing-masing. Pembacaan doa oleh Rahmadi, M.Pd.I, dari MAN IC Tanah Laut,  menjadi acara pemungkas sesi pembukaan webinar.  Sebelum sesi utama webinar pendidikan dilaksanakan, terlebih dulu dibuka dengan pemaparan dari dari saya tentang hasil rekapitulasi laporan pembelajaran sekolah di Kabupaten Tanah Laut selama masa pandemi COVID-19 pada akhir Maret hingga April 2020, atau sebelum libur bulan puasa dan hari raya Idulfitri 1441 H.

Selanjutnya, pada pukul 10.00 WITA, dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, Jamaluddin, M.Pd. Dalam sambutan dan arahannya antara lain menyampaikan tentang pandemi COVID-19 menurut padangan WHO, SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), memotivasi  guru agar tetap tegar dimasa pandemi ini, dan berharap agar siswa tetap mendapatkan layanan pendidikan.

bersambung ke tulisan bagian kedua…..

#BangkitPendidikanNegeriku

#DirumahdanMenulisAja

Views All Time
Views All Time
30
Views Today
Views Today
1
Previous articleBangun Ruang Sederhana
Next articleDISDIKBUD TANAH LAUT MENGGELAR WEBINAR PENDIDIKAN MENYONGSONG TAHUN AJARAN BARU . Bagian Kedua
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY