PERJALANAN TIM DIKDAS DISDIKBUD TALA DI KORWIL PELAIHARI DAN BAJUIN

0
13

Sebagaimana jadwal yang telah disampaikan sebelumnya kepada Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan se Kabupaten Tanah Laut sebelumnya, maka kembali tim Bidang Bina Pendidikan Dasar Disdikbud Tanah Laut melanjutkan jadwal kunjangan berikutnya. Tim dikdas yang terdiri dari Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas), yaitu Bakti Purwanto  (Kasi Kelembagaan dan Sarpras) , Anang Haryanto (Kasi PDPK/Kesiswaan) ,dan Maslani (Kasi Kurikulum dan Penilaian) melaksanakan kunjungan hari kedua pada Jumat, 10 Juli 2020 ke Kantor Korwil Kecamatan Pelaihari dan Bajuin.

Sebelum berangkat ke Kantor Korwil Pelaihari dan Bajuin, tim Dikdas sempat mengikuti kegiatan kerja bakti membersihkan halaman depan kantor bersama Plt. Kadisdikbud Tanah Laut, Jamaluddin, M.Pd,  pada sekitar pukul 08.30 WITA. Namun, tidak berapa lama melaksanakan kegiatan kerja bakti tersebut hujan turun, sehingga membuat kegiatan bersih-bersih pagi itu dihentikan.

Kondisi cuaca pada jadwal kunjungan hari kedua tersebut memang kurang bersahabat. Sejak pagi hujan turun dan awan mendung terus menggalayut di atas wilayah Pelaihari dan sekitarnya. Sekitar pukul 09.30 WITA tim berangkat dengan menggunakan mobil dinas  dari Kantor Disdikbud Tanah Laut dengan tujuan ke Kantor Korwil Kecamatan Pelaihari yang jaraknya sekitar 4 kilometer. Pada kesempatan ini tim Dikdas minus Bakti Purwanto, tetapi diganti oleh Rahmad Hadi, staf Seksi Kurikulum dan Penilaian.

Sesampai di Kantor Korwil Pelaihari tim disambut oleh Karyono, S.Pd selaku Korwil yang didampingi oleh beberapa kepala sekolah SD sekitar Pelaihari. Penyerahan blangko ijazah/STTB SD segera dilakukan dengan Korwil Pelaihari disaksikan oleh kepala sekolah SD yang hadir di ruangan tersebut. Berdasarkan data yang ada, jumlah amplop blangko ijazah /STTB  yang diserahkan ke Korwil Kecamatan Pelaihari sebanyak 44 bungkus, terbanyak se Tanah Laut. Selain penyerahan blangko ijazah SD juga disertai penjelasan singkat tentang pengisian dan contohnya.

Tidak berapa lama di Kantor Korwil Kecamatan Pelaihari, tim melanjutkan perjalanan menuju ke Kantor Korwil Kecamatan Bajuin. Waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 10.00 WITA, sedangkan hujan masih belum reda sepenuhnya. Perjalanan menuju ke Kantor  Korwil Kecamatan Bajuin yang berada di Desa Tirtajaya, atau sekitar  8 kilometer, ditempuh sekitar 10 menit dari Kantor  Korwil Pelaihari yang berada di Jl,A.Yani, Kelurahan Angsau.

Sekitar pukul 10,15 WITA tim Dikdas sampai di Kantor Korwil Kecamatan Bajuin yang disambut oleh Akhmad Faisal,  staf Korwil. Saat itu, Korwil Kecamatan Bajuin, Ibu Aluh,S.Pd sedang ada tugas luar sebagaimana disampaikannya saat saya menghubunginya dalam perjalanan menuju ke kantornya tersebut. Sebelum menyerahkan berkas blangko ijazah/STTB SD untuk wilayah Kecamatan Bajuin, terlebih dulu tim memberikan informasi maksud dan tujuan tim datang. Selanjutnya, tim menyerahkan blangko ijazah tersebut beserta contoh penulisan dan sebagainya  dengan mengisi formulir tanda terima penyerahan blangko ijazah SD tersebut.

Hujan masih terus membasahi bumi ketika kami meninggalkan Kantor Korwil Kecamatan Bajuin meski tidak sederas sebelumnya, tetapi cukup membasahi jika dalam perjalanan relatif jauh dengan bersepeda motor. Saat itu waktu sudah menunjukkan hampir pukul 10.30 WITA. Sekitar pukul 10.45 WITA tim Dikdas sampai kembali di Disdikbud Kabupaten Tanah Laut di Jl. Datu Insat Komplek Perkantoran Gagas Pelaihari dengan kondisi cuaca  yang masih mendung seperti sebelum berangkat sebelumnya.

#BangkitPendidikanNegeriku

 

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1
Previous article
Next articlePERJALANAN TIM DIKDAS DISDIKBUD TALA DI KORWIL PANYIPATAN DAN TAKISUNG
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY