Seperti halnya membuka pelajaran, keterampilan menutup pelajaran pun harus dikuasai oleh guru. Keterampilan membuka dan menutup pelajaran sangat bermanfaat untuk menarik perhatian dan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu siswa pun dapat mengetahui batas-batas tugas yang akan dikerjakan dan mengetahui hubungan antara pengalaman-pengalaman yang telah dikuasai.

Menurut Widodo (2007)  banyak ditemukan guru belum mampu melaksanakan salah satu keterampilan dasar mengajar yaitu membuka dan menutup pelajaran, karena hakikat dari membuka pelajaran adalah kemampuan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari. Sedangkan menutup pelajaran adalah kegiatan yang bersifat memberikan umpan balik bagi siswa segera setelah pembelajaran usai serta memberikan penguatan maupun revisi terhadap segala sesuatu yang menjadi pengalaman belajar saat itu.

Tehnik Menutup Pelajaran

  • Jadikan 5 menit terakhir dalam menutup pelajaran untuk merangkum, berbagi atau melakukan refleksi mengenai hal yang sudah dilakukan siswa selama pembelajaran berlangsung.
  • Tanyakan kepada siswa, bagian mana yang berat untuk dilakukan dan mana yang susah dimengerti.
  • Tanyakan juga kepada siswa, pengetahuan baru apa yang didapatkannya dari pembelajaran hari ini.

Dengan tehnik seperti itu siswa dapat berdialog dengan dirinya sendiri mengenai proses belajar yang telah dilakukannya.

 

Semoga bermanfaat. Salam literasi.

Sukabumi, 7 April 2021

Referensi :

Widodo, J. (2007). Supervisi Guru Mata Pelajaran Ekonomi di Indonesia: antara Teori dan Realita. Dinamika Pendidikan, 2 (2), 291-313.

Kadarsih,Liani.2012. Fowor Full In Educating.Araska. Jogjakarta.

 

Views All Time
Views All Time
48
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY