Disadari atau tidak, Nilai masih dianggap segalanya. Tanpa melihat proses bagaimana cara mendapatkannya. Yang penting nilainya bagus. Ini yang harus diluruskan. Merubah perspektif siswa tentang nilai.

Perlu Keterlibatan Semua Pihak

Guru dan orang tua, akan bangga apabila melihat nilai tinggi yang diperoleh siswa. Maka untuk mendapatkannya, terkadang siswa melalukannya dengan berbagai cara. Dari sinilah awal mula kecurangan itu terjadi. Apalagi saat ini masih dilaksanakannya Pembelajaran Jarak Jauh. Bagaimanapun pengawasan sangat sulit dilakukan.

Kerjasama antara orang tua dan guru perlu ditingkatkan. Terutama dalam hal pengawasan. Ini untuk meminimalisir berbagai bentuk kecurangan yang dilakukan oleh siswa. Peran orang tua sangat penting. Terutama dalam hal menanamkan nilai-nilai kejujuran  pada anak. Orang tua jangan terlalu menuntut lebih. Sehingga anak merasa terbebani. Sebaiknya orang tua selalu mengawasi kondisi anaknya dalam belajar.

Penilaian pembelajaran bagi guru, bermanfaat untuk memperoleh data tentang kemajuan belajar siswa. Selain itu, hasil akhir dari penilaian ini bagi guru adalah untuk mengetahui apakah metode mengajar yang digunakan sudah tepat atau belum. Selanjutnya guru melaporkan hasil kemajuan belajar siswa kepada orang tua siswa atau wali kelasnya. Sama halnya dengan orang tua, guru pun harus bijaksana dalam memberikan tugas kepada siswa. Pemberian tugas bukan hanya untuk evaluasi,tetapi  juga  untuk fungsi pengukuran. Guru harus selalu mendorong siswa untuk melakukan kejujuran.

Pentingnya Proses Dan Nilai Akhir Bagi Siswa

Untuk merubah perspektif tentang nilai, Siswa perlu diberikan pemahaman bahwa Proses pembelajaran dan nilai akhir itu sama penting. Jangan sampai demi mendapatkan nilai akhir yang tinggi, mereka mengabaikan nilai kejujuran. Apabila siswa masih menganggap bahwa nilai itu segalanya, maka dikhawatirkan mereka akan melakukan segala cara. Termasuk curang.

Menanamkan nilai – nilai kejujuran, harus dimulai dari lingkungan keluarga. Selanjutnya Lingkungan sekolah. Apabila kejujuran sudah tertanam dalam diri siswa, maka diawasi atau tidak, mereka akan melaksanakan pekerjaannya dengan penuh tanggung jawab dan percaya diri.

Utamakan kejujuran. Karena  kejujuran akan mendatangkan ketenangan.

Semoga bermanfaat

Sukabumi,30 Maret 2021

 

 

Views All Time
Views All Time
12
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY