Adab-Adab Berada Di Lingkungan Rumah

0
8

Pengajian Kitab Akhlaqul Banin “Adab-Adab Berada Di Rumah”  Oleh H. Luthfi Tarodi, S.PdI

Sebagaimana biasanya pada tiap hari Jum’at kegiatan imtaq di MTsN 3 Mataram selalu melakukan pembiasaan sholat Dhuha, Yasinan dan Doa serta pembiasaan Dermaji (infak dan shodaqoh). Selain itu yang baru-baru diluncurkan adalah pengajian kitab Akhlaqul Banin wal Banat yang bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang berkarakter terhadap peserta didik.

Pada Jum’at (31/1/2020) kemarin pengajian kitab akhalaqul Banin wal Banat diisi oleh ust. H. Luthfi Tharodi, S.PdI salah seorang guru bahasa arab MTsN 3 Mataram yang pernah menimba ilmu di Makkah Al-Mukarramah.

Adapun pembahasan dalam pengajian tersebut adalah tentang “Adab-Adab Berada Di Rumah” walaupun pada Jum’at sebelumnya sepintas telah dibahas oleh Ustzh. Hasniati Muzayyanah. Namun kali ini dibahas secara rinci tentang bagaimana kita beradab dan berprilaku yang baik di tempat tinggal yaitu rumah, sebagaiman rumah itu sendiri digambarkan oleh Rasulullah SAW selayaknya seperti syurga.

Diungkapkan H. Luthfi Tharodi bahwa adab-adab dalam rumah tempat tinggal yamg wajib bagi anak-anak adalah pertama menghormati kedua orang tua, saudara-saudara baik yang laki-laki maupun perempuan, menghormati seluruh penghuni yang tinggal di rumah seperti kakek, nenek, pembantu dan lain-lain.

Berikutnya adalah janganlah berbuat sesuatu yang bisa membuat mereka marah seperti membantah, melawan mereka, tidak mentaati nasehat dan perintah mereka. Jangan pula menentang kakak atau saudara, turutilah apa yang dinasehati oleh kakak, dan yang jadi kakak tidak boleh bertengkar dengan adik, berlakulah kasih sayang terhadap adik. Bila memiliki pembantu janganlah kita menyakitnya, perlakukanlah pembantu dengan baik, berikan ia yang menjadi hak-haknya dan anggaplah seperti keluarga sendiri.

Selanjutnya ungkap Luthfi adalah bila bermain di rumah, berlakulah dengan teratur, tertib, tidak berteriak-teriak sehingga mengganggu orang lain, tidak memukul-mukul benda dan tidak melakukan perbuatan atau gerakan yang menyebabkan orang lain celaka. Apalagi kalau ada orang atau tetangga sakit, hindari keributan, buatlah meraka tenang.

Yang terakhir jelas Luthfi ada kita di rumah adalah apapun yang kita miliki yang ada di rumah seperti perabotan, tanaman, dan hewan peliharaan. Jagalah mereka dengan baik dengan tidak merusak fasilitas rumah seperti tidak merusak pintu, pohon dan tidak menyakiti hewan peliharaan. Sayangi dan dahulukan hewan itu dengan memberikan ia makanan.

Intinya menurut Luthfi sebelum menutup pengajiannya adalah berakhlaklah yang baik di mana saja berada, kapanpun dan bagaimanapun tetap menjaga perilaku dan sopan santun yang baik. Sebagaimana diungkapkan oleh Prof. Dr. Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasany “aku tidak bangga dengan murid yang cerdas tetapi tidak berakhlak mulia tetapi aku bangga dan bersyukur dengan murid yang berakhlak mulia dan baktinya tinggi kepada gurunya”. @ruslanwahid

Views All Time
Views All Time
11
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY