Adab-Adab Dalam Menuntut Ilmu

0
16

Pada upacara Senin (2/9/2019) bertindak selaku pembina adalah Baiq Hj. Komala Dewi salah seorang guru IPA MTsN 3 Mataram. Mengawali amanatnya tak lupa ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada petugas upacara yakni Kelas IX D yang telah sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan semoga menjadi contoh bagi kelas lainnya. Sedangkan para siswa sebagai peserta upacara diakui Hj. Komala sudah rapi dan tertib tinggal memperbaiki dan menyesuaikan baris dari siswa paling rendah hingga yang paling tinggi.

Melanjutkan amanatnya Hj. Komala menyampaikan tentang adab-adab dalam menuntut ilmu yang harus dipahami dan dijalankan oleh para siswa. Dikatakan seorang penuntut ilmu harus menghiasi dirinya dengan adab dan akhlak mulia. Dia harus mengamalkan ilmunya dengan menerapkan akhlak yang mulia, baik terhadap dirinya maupun kepada orang lain.

Menurut Hj. Komala ada beberapa adab yang harus diterapkan oleh siswa dalam menuntut ilmu diantaranya pertama adalah niat dengan ikhlas artinya seorang siswa dalam mencari ilmu harus meluruskan niatnya dengan ikhlas semata-mata karna Allah Ta’ala. Berikutnya adalah Bersungguh-sungguh artinya memanfaatkan waktu dan tenaganya dalam menuntut ilmu harus bersungguh-sungguh mempunyai kemauan yang kuat dalam belajar tidak bermalas-malasan, “kehadiran kalian di sekolah jangan dianggap sebagai formalitas saja”, ungkap Komala.

Selanjutnya adalah memperhatikan dan mendengarkan guru. Ketika bapak dan ibu guru menjelaskan dan menyampaikan materi pelajaran kita harus bersikap diam dengan memperhatikan dan mendengarkan apa yang diberikan oleh guru, tidak bicara dan mengobrol sendiri di belakang apalagi main-main, jadi perhatikan baik-baik apa yang diajarkan oleh guru agar ilmu yang didapatkan mudah dimengerti dan dipahami.

Selain yang disebutkan diatas lanjut Hj. Komala yang tak kalah penting adab dalam menuntut ilmu itu adalah menghormati guru, karna guru merupakan orang tua di madrasah yang harus dihormati. Bila cerdas atau pintar mempunyai pengetahuan yang lebih dari teman lain jangan merasa sombong atau angkuh tapi bersikaplah rendah diri. “Dan yang terakhir adalah doa dan ikhtiar agar ilmu yang didapatkan menjadi berkah dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, dengan doa memohon kepada Allah SWT agar dibukakan hatinya untuk dimudahkan dalam memahami dan menerima ilmu” jelas Hj. Komala yang pernah mengajar di MTsN 1 Mataram. (@ruslanwahid)

Views All Time
Views All Time
14
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY