“Mengubah Android Menjadi Papan Tulis Interaktif”

Oleh :  Adriya Dewantara,S.Pd

 

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Dalam dunia pendidikan seorang pendidik dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Seiring dengan berkembangnya teknologi, guru dapat berinovasi terutama dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat lebih interaktif dan menarik minat serta semangat siswa dalam belajar.

Komunitas Guru Masa Depan dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Balai Insan Cendekia menyikapi hal tersebut dengan melaksanakan berbagai macam pelatihan untuk mengembangkan mutu guru sehingga guru dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya melaksanakan kegiatan Training Of Coach (TOC) “Optimalisasi Liveboard Sebagai Media Pembelajaran dan Diskusi Daring’ kegiatan ini bertujuan untuk melatih pelatih (guru) menggunakan aplikasi liveboard dalam proses pembelajaran.

Dalam E-Book Optimalisasi Liveboard Sebagai Media Pembelajaran dan Diskusi Daring pengertian liveboard adalah aplikasi yang mengubah Andorid menjadi papan tulis interaktif untuk menulis dan menggambar. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan banyak hal. Aplikasi ini dapat diunduh pada aplikasi playstore / app store pada smartphone). Video tutuorial cara pengunduhan dan fitur-fitur apa saja yang ada di aplikasi liveboard dapat dilihat melalui link ini : https://www.youtube.com/watch?v=9EOk5-glczY&t=16

Dengan mengikuti TOC ini pendidik (peserta) dapat menggunakan aplikasi liveboard sebagai salah satu alternatif untuk membuat media pembelajaran dan menjadikan pemebelajaran yang lebih interaktif dan menarik minta siswa. Penerapan virtual materi yang dibuat melalu aplikasi liveboard ini dapat dilihat melalui link ini : https://www.youtube.com/watch?v=8uO3lG6XTdc

Dari penjelasan diatas dan mengikuti kegaiatan ini aplikasi liveboard  dapat digunakan oleh guru untuk membuat media pembelajaran interaktif sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik minat siswa.

Views All Time
Views All Time
216
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY