AMPUHNYA PENERAPAN BELAJAR BERDASARKAN MASALAH

0
11

Dalam belajar pada semua bidang ilmu pengetahuan tak ada berhenti-hentinya untuk mencapai keberhasilan, diluar negeri meski keberhasilan itu sudah diraih oleh seorang ilmuwan yang sudah mendapat keistimewaan profesional pada bidang penelitiannya, seorang ilmuwan tidak berhenti hanya sampai pada cita-cita yang sudah diraihnya, namun dia terus menerus belajar sampai hayatnya sehingga gelar dalam sebuah buku yang disandang akan terus dikenang oleh setiap regenerasi bangsa.

Kembali merewind ulang kaset pada masa tempoe doeloe, di Aceh semua profesor bidang prasejarah yang meneliti peradaban Islam pertama dalam bukunya telah menetapkan bahwa daerah Peureulak Aceh Timur adalah tempat pertama munculnya peradaban Islam di Aceh dan semua pihak terkait dari masyarakat Aceh sampai pada pemerintah daerah Istimewa Aceh telah menyetujuinya bahwa munculnya peradaban Islam di Aceh ditetapkan di daerah Peureulak Aceh Timur dan para ilmuwan puas sampai disini. (lihat dan baca diperpustakaan balai bahasa Aceh)

Seiring dengan perkembangan regenerasi yang terus menerus berganti dan tumbuh berkembang dari zaman era orde lama, orde baru, melenium, dan masuklah masa era digital sekarang ini, ada salah satu komunitas regenerasi berpola pikir maju dan berkembang ini yang terus belajar meneliti peninggalan bukti prasejarah di Aceh, dan pada akhirnya ditemukanlah sebuah bukti prasejarah yang paling tertua berumur ribuan tahun lamanya mengendap disebuah tempat itu. (Lihat dan baca telusuri di internet)

Hal berita ini menjadi viral di Aceh yang membuat para ilmuwan Aceh menganga dan tak percaya bahkan sampai muncul isu bahwa bukti prasejarah ini tidak diakui. Kemudian tempat ini dipugar dan dijaga agar bukti prasejarahnya itu tidak hilang. Sampai pada akhirnya Bapak Presiden Jokowi mengetok palu bahwa bukti prasejarah yang ditemukan itu sah sebagai bukti prasejarah munculnya peradaban Islam pertama di Aceh dan hal ini benar adanya dengan langsung diresmikan bukti prasejarah yang sudah berumur ribuan tahun tersebut. (Lihat dan baca diberbagai media berita digital)

Dalam hal ini kita hanya dapat mengelus dada dan berbagai pro dan kontra antara ilmuwan para profesor-profesor pada masa penemuan itu yang tak seorangpun dapat berkutik dengan adanya penemuan bukti fisik prasejarah sebagai lambang atau simbol munculnya peradaban Islam ini di Aceh. (Lihat dan baca pada semua pemberitaan daerah dan nasional)

Dalam hal ini tersebut diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa belajar dengan menggunakan metode PENERAPAN BELAJAR BERDASARKAN MASALAH dapat sangat bermanfaat untuk membangkitkan kemampuan regenerasi bangsa yang bijak dalam bidang ilmu, karena belajar yang seperti ini adalah belajar terpusat dan bukan berpusat artinya belajar seperti ini langsung tertuju pada pada titik point masalah tentang pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia yang terus menerus diharuskan untuk terus menerus belajar, belajar, dan belejar pada ketentuan, prinsip-prinsip ilmu pengetahuan yang tak pernah ada batas habisnya. (Tuturku begitu TOH!)

Penulis oleh Junirullah, 06/06/2021.

Views All Time
Views All Time
24
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY