PENILAIAN OTOMATIS RINGANKAN PEKERJAAN GURU

4
469

Salah satu rangkaian tugas guru adalah melaksanakan kegiatan evaluasi, namun tidak jarang guru yang melaksanakannya dengan baik, mengingat tugas tersebut sangat menyita waktu. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut guru semestinya melakukan kegiatan sebagai berikut :

  1. Menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan Kompetensi Dasar yang diajarkan
  2. Analisis soal yang meliputi : tingkat kesulitan, persebaran jawaban yang merata, disesuaikan dengan ranah kognitif, dan seterusnya
  3. Keseimbangan antara soal mudah, sedang dan susah ( misalnya mudah 25%, sedang 50%, dan susah 25).
  4. Melaksanakan koreksi setelah siswa mengerjakan soal
  5. Menganalisis nilai ulangan harian, guna mengetahui sejauh mana kemampuan guru dalam menyampaikan materi atau kemampuan siswa dalam menyerap materi yang disampaikan guru. Untuk mengoreksi dan menganalisis nilai ulangan harian tentu sangat menyita waktu.
  6. Memasukkan nilai ulangan harian/ evaluasi tersebut ke daftar nilai.

Dilihat sekilas pekerjaan tersebut bukan pekerjaan yang sulit, namun dapat dibayangkan berapa hari untuk dapat menyelesaikan satu putaran nilai ulangan harian apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh secara manual sehingga tidak sedikit guru yang membuat data analisis ulangan harian dengan cara copy paste guna memenuhi tugas administrasi. Sekecil apapun manipulasi pekerjaan yang tidak sesuai dengan realita bukanlah pekerjaan terpuji. Dari permasalahan tersebut, penulis telah melakukan inovasi dan kreasi guna mengatasi permasalahan tersebut. Bagaimana caranya tugas yang berat dan membutuhkan waktu lama menjadi ringan dan singkat, tidak ada manipulasi dalam menampilkan dan mengolah data. Sebenarnya pekerjaan itu tidaklah sulit, ketika guru mau berusaha dan memiliki kreativitas untuk berinovasi. Berikut ini adalah karya inovasi penulis, yang sangat membantu dalam menyelenggarakan penilaian /  ulangan harian, yaitu berupa aplikasi “Evaluasi digital”. Penulis memberi nama Evaluasi Digital, karena dalam mengerjakannya siswa cukup dengan memainkan tombol-tombol navigasi. Aplikasi tersebut didesain layaknya ujian CBT, untuk membuka menggunakan password, kunci jawaban masing-masing peserta berbeda satu sama lain, tetapi kualitas soal tetap sama. Dalam mengerjakanpun peserta dibatasi waktunya, sehingga tidak leluasa untuk mencontek atau membuka buku.

Evaluasi Digital berbasis excel, sehingga peserta dapat mengoperasikan dengan mudah, dan setelah selesai mengerjakan peserta langsung dapat mengetahui nilai yang dicapai. Bagi peserta yang belum mencapai KKM atau belum puas dengan nilai yang dicapai maka dapat melaksanakan ulangan harian kembali hingga mendapatkan nilai yang diharapkan. Beberapa kelebihan dari aplikasi tersebut antara lain :

  1. Bersifat adil terhadap peserta didik
  2. Memberikan motivasi siswa untuk belajar mandiri,
  3. Peserta didik dapat mengetahi nilai secara langsung setelah selesai mengerjakan.
  4. Bagi guru aplikasi tersebut sangat membantu, karena beberapa hal, seperti :
  5. tidak perlu melakukan koreksi, karena aplikasi evaluasi digital telah mengoreksi dengan baik
  6. nilai hasil evaluasi telah tersusun rapi sesuai dengan daftar nilai
  7. tidak perlu menganalisis hasil ulangan harian, karena aplikasi telah menganalisis secara otomatis
  8. menghemat kertas/ biaya, bayangkan apabila satu kali ulangan harian membutuhkan 2 lembar untuk soal, sedangkan siswa yang diajar mencapai 200 siswa.
  9. menghemat waktu, apabila dilakukan secara manual tidak kurang dari 3 hari untuk menyelesaikan satu kali putaran ulangan harian.
  10. sebagai user guru cukup menuliskan soal, option jawaban, kunci jawaban sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan
  11. aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk ulangan semester, karena berisi paket 10 soal, 20 soal, 40, soal dan 50 soal.

Bagi guru yang belum percaya, dapat membuktikan sendiri, bagi yang masih penasaran, silahkan dicoba aplikasi tersebut. Akan lebih efektif apabila dapat dikerjakan di lab computer, namun apabila keadaan kurang mendukung maka evaluasi dapat dibawa pulang siswa, untuk dikerjakan di rumah masing-masing. Setelah selesai siswa tinggal mengumpulkan nilai yang diperoleh. Hasilnya dapat dicetak langsung ataupu cetak tunda. Bagi guru yang mau mencoba, silahkan dowload di sini untuk mengunduh aplikasi tersebut !

Penulis merasa senang dan terima kasih kepada guru yang berkenan mencoba dan memanfaatkannya  sebagai upaya untuk meningkatkan layanan dan kualitas pendidikan. Bagi yang mengalami kesulitan dapat menghubungi penulis melalui hp. 081391031086

JANGAN LUPA KUNJUNGI : HARGA SEBUAH RAPOR !

Views All Time
Views All Time
582
Views Today
Views Today
1

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY