Antara Bangun Pagi, Serangan Jantung, dan Strooke

2
151
Wah, asyiiik libur!  Oh, ya memang enak ya kalau liburan, bisa tidur seharian. Eits, tapi jangan mentang-mentang liburan tidur jadi kebablasan, lho! Tahukah kamu…?

 

Kini penyakit jantung dan stroke tidak hanya menyerang pada usia lansia, tetapi juga  terdapat beberapa kasus terhadap usia muda. Waspadalah, biasakan gaya hidup sehat sejak dini!

Kematian akibat serangan jantung maupun stroke sekitar 30-50% sering terjadi pada pagi hari. Hal ini salah satu penyebabnya kemungkinan besar terjadi karena pada endotel pembuluh darah, yaitu lapisan dalam dari pembuluh darah, tempat mengalirnya darah dimana pada pagi hari, terjadi penurunan kelenturannya, hingga lebih dari 40% dibanding dengan kelenturannya pada saat siang. Pada masa Rasulullah yang notabene sangat minim informasi kesehatan beliau selalu mencontohkan untuk selalu bangun lebih awal di pagi hari dan mandi pagi dengan air dingin sebelum shalat subuh. Pada masa kini menurut hasil penelitian medis mandi pagi sebelum fajar dapat memperlancar aliran darah dan menurunkan resiko hipertensi (darah tinggi) yg menjadi pemicu serangan jantung dan stroke. (Sumber: Konsul Dokter)

Yuk, biasakan bangun lebih awal dan mandi dengan air dingin sebelum fajar! ^__^

Views All Time
Views All Time
242
Views Today
Views Today
1

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY