AYOLAH MENULIS!!!

0
22

Setelah beberapa hari mengikuti data perubahan penulis top 5 yang terdapat di blogigi tercinta ini, terus terang saya merasa sedikit prihatin juga. Karena pergerakan geliat kepenulisan berlangsung sangat pelan. Bahkan bisa dikategorikan stagnan atau jalan ditempat. Hal ini dapat kita pantau dari minimnya julmah artikel yang diposting.

Hal ini dapat kita pantau secara mudah yaitu dengan mencermati perubahan jajaran top 5  penulis popular yang tercatat hingga hari ini, tanggal 12 Pebruari 2019. Sampai sejauh ini, berdasarkan data tersebut berarti hanya terdapat 25 tulisan yang telah diposting dalam blog ini.  Dengan rincian sebanyak 11 artikel   diunggah pak Mislani,  bu Juwita dengan 10 artikel dari bu Juwita. Sementara itu saya sendiri hanya dengan bekal 2 artikel, dapat langsung memasuki jajaran top 5 dengan nangkring pada posisi ketiga. Dan dua sisanya masing-masing disumbangkan oleh bu Yuslimar dan saudara Noerbad.

Sementara itu, kita tahu bahwa anggota penulis yang tercatat diblogigi sebanyak 2.107 personil. Tentu jumlah semacam itu cukup banyak. Seandainya dari jumlah tersebut, 0,5% nya saja rutin menulis maka akan menghasilkan  unggahan artikel rata-ratanya mencapai 10,5 tulisan  per harinya. Dan bila itu terjadi berarti sampai hari ini paling tidak sudah  120 an artikel yang telah diposting.   Ya, itu merupakan jumlah cukup lumayan dan sangat sebanding dengan jumlah keanggtaan yang tercatat.

Dari fenomena ini ada sesuatu yan patut dipertanyakan. Sebenarnya apa yang sedang terjadi? Mungkinkah mereka malas untuk menulis? Mungkin kah mereka pelit dan tidak mau berbagi ilmu dan tidak mau sharing together and growing together? Mungkin kah nereka kehabisan ide? Mungkinkah mereka sedang sibuk merealisasikan program satu guru satu bukunya? Atau kemungkinan-kemungkinan yang lainnya. Yang jelas hanya mereka dan kita masing-masing yang tahu dan bisa untuk menjawabnya secara tepat.

Semoga saja selepas unggahan ini rekan-rekan yang tergabung dalam blog ini semakin produktif dalam menuangkan ide-idenya. Kan kasihan banget kalau hanya pak Mislani dan bu Juwita saja yang harus menghidupi blog ini dengan pemikirannya. Tentunya kelangsungan blog ini merupakan tanggung jawab kita semua selaku anggotanya.  Semoga saja, aamiin.

Views All Time
Views All Time
11
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY