Bagian 1. Buku GZN : Menjadi Guru Yang Ikhlas

0
16
Foto : Koleksi Pribadi

GURU adalah orang memiliki kemampuan dan kompetensi untuk melakukan perubahan bagi siswa-siswi di dalam maupun di luar kelas. Hal ini harus memerlukan hati yang lapang dan ikhlas dalam memberikan pembelajaran.

Menjadi guru merupakan pekerjaan yang menuntut pembaharuan di setiap harinya. Pembaharuan tersebut tak hanya berdasarkan instrument dalam pengajaran, namun dituntut untuk cerdas pula mengkomparasikan instrument pengajaran dengan wawasan yang dimilikinya. Bagi mereka yang memang memiliki passion dalam dunia mengajar, tentu akan cerdik untuk selalu mencari teknik terbaik yang bisa di aplikasikan kepada para muridnya yang berbeda di setiap harinya.

Disamping teknik terbaik yang harus dilakukan oleh seorang guru juga membutuhkan sikap keikhlasan dalam memberikan pelayanan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya.

Penulis teringat saat menjadi di Madrasah Aliyah, waktu itu seorang guru saya menyampaikan bahwa kenapa seorang guru atau kiai yang banyak memiliki jama’ah atau murid pada pengajiannya, padahal ilmu yang disampaikan beliau biasa-biasa saja? Ternyata kata beliau ini terletak pada Keikhlasan nya.

Demikian juga, ketika seorang guru menyampaikan materi pelajaran disampaikan dengan penuh keikhlasan maka siswa akan dengan mudah mengingat dan menghafal apa yang dia pelajari.

Mengajar atau menjadi guru adalah sebuah profesi yang wajib dilakukan, Nabi Muhammad SAW. pernah mengajak umat Islam menjadi seorang penuntut ilmu (siswa), atau menjadi pengajar (guru), atau pendengar saja dan jangan menjadi orang yang keenpak (orang yang tidak seperti tiga profesi tersebut sama sekali) maka akan celaka.

Di lain hadis, juga Nabi Muhammad SAW. menyampaikan bahwa beliau di utus ke dunia ini adalah sebagai pendidik atau pengajar, tentu pendidik atau pengajar yang ikhlas.

Lalu bagaimana kita menumbuhkan sikap ikhlas  baik sebagai guru ataupun sebagai siswa, maka hal ini akan berpulang kepada diri sendiri. Niatkan ketika menjadi guru adalah menjalankan sunah rasul demikian juga sebagai siswa menunaikan kewajiban menuntut ilmu pengetahuan.

##GZN_1#

Views All Time
Views All Time
29
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY