Bagian 102. Mengikuti Bimtek EDS : Hari Kedua Sesi Pagi

0
4

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Evaluasi Diri Sekolah ( EDS ), pada Jumat, 2 Nopember 2018 di ballroom Hotel Royal Jelita Banjarmasin dilanjutkan kembali pada sesi pagi. Kegiatan peserta bimtek pada sesi pagi ini adalah meneruskan atau melanjutkan penyusunan RKAS tahun 2019 pada sekolah masing-masing yang masih belum tuntas, karena banyak yang perlu dikonsultasikan dan disinkronkan.

Kegiatan bimtek diawali pada pukul 08.00 WIT setelah semua peserta menikmati makan pagi atau sarapan yang disediakaan oleh pihak hotel.  Narasumber, Bapak Nur Irwantoro, M.Pd, memberikan arahan dan penjelasan yang berkaitan dengan permasalahan dari beberapa peserta yang telah melakukan pengerjaan RKAS sekolah masing-masing. Demikian pula, tim pengarah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut juga turut memberikan arahan kepada peserta bimtek.

Banyak permasalahan yang harus dikonsultasikan dan diberikan penjelasan lebih lanjut dari narasumber dan tim pengarah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Tanah Laut, karena adanya perubahan dari beberapa mata anggaran dalam RKAS tahun 2019, khususnya dari dana BOS Pusat. Dengan adanya bimtek yang menghadirkan semua kepala sekolah dan bendahara sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut ini memudahkan konsultasi dan pengarahan dari tim pengarah Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Tanah Laut, karena semuanya mendapatkan informasi yang sama dalam saat yang sama pula.

Semakin siang semakin sibuk peserta bimtek, khususnya bendahara atau tim pengelola keuangan sekolah, untuk menyelesaikan penyusunan RKAS tahun 2019. Meski kondisi fisik masih terlihat kelelahan setelah diporsir pada sehari sebelumnya, tetapi peserta bimtek berusaha mengerjakan tugas menyusun RKAS dengan penuh semangat guna mengejar target yang sudah ditetapkan.  Dengan segala kemampuan dan kondisi yang ada, peserta bimtek yang diarahkan oleh narasumber dan mendapat pendampingan penuh dari tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut.

Tim pendamping dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut dipimpin langsung Kepala Bidang Bina Pendidikan Dasar, Ibu Titik Wijayati, M.Pd, dan dibantu Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter, Ibu Imelda, M.Pd, serta tim verifikator. Tim pendamping tersebut sudah bersama peserta sejak hari pertama kegitan  bimtek, karena kegiatan ini merupakan kerjasama antara MKKS SMP Tanah Laut dengan Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Disdikbud Tanah Laut dalam rangka meningkatkan kemampuan bendahara atau tim pengelola keuangan sekolah, khususnya jenjang SMP se-Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan bimtek pada Jumat, 2 Nopember 2018 di ballroom Hotel Royal Jelita Banjarmasin dihentikan sementara pada pukul 11.30 WIT, karena memberikan kesempatan kepada bimtek yang laki-laki untuk melaksanakan shalat Jumat. Penulis bersama dengan narasumber, Bapak Nur Irwantoro, M.Pd dan Eko P melaksanakan shalat Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

 

Views All Time
Views All Time
12
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 101. Mengikuti Bimtek EDS : Hari Pertama Sesi Malam
Next articleBagian 103. Mengikuti Bimtek EDS : Hari Kedua Siang/ Refleksi
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY