Bagian 104. Mengikuti Bimtek EDS : Upacara Penutupan Bimtek EDS

0
8

Akhirnya, kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Evaluasi Diri Sekolah ( EDS ), pada Kamis-Jumat, 1-2 Nopember 2018 di ballroom Hotel Royal Jelita Banjarmasin kerjasama Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Disdikbud Tanah Laut dengan MKKS SMP Tanah Laut segera akan ditutup. Hadir dalam upacara penutupan tersebut Kepala Bidang Bina Pendidikan Dasar, Disdikbud Tanah Laut, Ibu Titik Wijayati, M.Pd, mewakili Kepala Disdikbud Tanah Laut.

Diawali dengan ucapan ‘basmalah’ oleh pembawa acara, upacara Penutupan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Evaluasi Diri Sekolah ( EDS ), pada Kamis-Jumat, 1-2 Nopember 2018 di ballroom Hotel Royal Jelita Banjarmasin dimulai, waktu itu sekitar pukul 14.15 WIT. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua MKKS SMP Tanah Laut, Bapak Agus Darmadi, M.Pd.

Dalam sambutannya, Ketua MKKS SMP Tanah Laut antara lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber yang datang jauh-jauh dari Jakarta dan Padang, Kepala Disdikbud Tanah Laut beserta jajarannya, kepala sekolah dan bendahara, serta pihak lain yang turut membantu terlaksana dan suksesnya pelaksanaan bimtek ini selama 2 (dua) hari ini. Kepada narasumber didoakan agar selamat dalam perjalanan pulang dan sampai ke rumah dengan selamat. Kepada semua pihak, khususnya peserta bimtek, disampaikan permohonan maaf, jika ada kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan bimtek ini.

Berikutnya, sambutan dari narasumber, Bapak Nur Irwantoro, M.Pd, yang antara lain menyampaikan permohonan maaf, karena selama 2 (dua) hari ini terkesan ‘memaksa’ peserta untuk bekerja keras menyelesaikan tugasnya, penghargaan dan ‘aplus’ kepada bendahara atau tim pengelola keuangan sekolah hadir dalam bimtek ini. Kemudian, beliau juga menyampaikan  hasil kegiatan bimtek , yaitu (1) EDS terkumpul 47 dokumen; (2) RKJM terkumpul 42  dokumen; (3) RKT terkumpul 38 dokumen, sedangkan RKAS tahun 2019 masih dalam proses penyelesaian dan dibawa pulang ke sekolah masing-masing. Beliau berpesan agar RKAS tersebut paling lambat dikirim kepadanya pada minggu III bulan Nopember 2018 ini.

Setelah selesai sambutan dari Bapak Nur Irwantoro, M.Pd dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bidang Bina Pendidikan Dasar, Disdikbud Tanah Laut, Ibu Titik Wijayati, M.Pd, mewakili Kepala Disdikbud Tanah Laut. Dalam sambutannya, antara lain menyampaikan syukur karena kegiatan berjalan lancar dan mampu menghasilkan sesuatu yang diharapkan dalam tempo yang relatif singkat. Beliau tidak menyangka, dan menurutnya bahwa disiplin itu harus dipaksanakan dalam arti yang psoitif.

Ibu Titik Wijayati, M.Pd juga mengharapkan agar guru  meningkatkan kompetensi sebagai bagian dari upaya meningkatkan profesionalisme guru, khususnya kompetensi pedagogik. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan terima kasih kepada narasumber, pengurus MKKS SMP Tanah Laut, tim verifikator, kepala sekolah, dan bendahara yang memberikan konstribusi besar bagi sukses dan lancarnya kegiatan bimtek ini.

Kemudian, Ibu Titik Wijayati, M.Pd dengan mengucapkan ‘hamdalah’ maka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek)  Evaluasi Diri Sekolah ( EDS ), pada Kamis-Jumat, 1-2 Nopember 2018 di ballroom Hotel Royal Jelita Banjarmasin kerjasama Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Disdikbud Tanah Laut dengan MKKS SMP Tanah Laut resmi ditutup. Upacara penutupan bimtek diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh H. Rusdi Fadli, S.Pd, MM, Kepala Sekolah SMPN 3 Bati-Bati. Dengan demikian seluruh rangkaian kegiatan upacara penutupan tuntas pada pukul 15.20 WIT.

Views All Time
Views All Time
30
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 103. Mengikuti Bimtek EDS : Hari Kedua Siang/ Refleksi
Next articleBagian 105. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Pertama Sesi Sore
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY