Bagian 105. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Pertama Sesi Sore

0
6

Setelah melakukan registrasi  selaku  peserta Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengelolaan Dana BOS SD dan SMP Tahun 2018 di Hotel Treepark Banjarmasin  pada Rabu, 21 November 2018, pukul 13.00 WIT, penulis beristirahat sejenak untuk melepaskan lelah dari perjalanan Pelaihari- Banjarmasin. Kegiatan RAKOR ini diikuti oleh kepala sekolah dan bendahara dana BOS SD dan SMP se Kalimantan Selatan angkatan IV atau terakhir, yang berlangsung dari tanggal 21-23 November 2018 di Hotel Treepark Banjarmasin.

Setelah mendapat kamar hotel bersama Iriansyah, Kepala Sekolah SMPN 1 Pelaihari, kami berdua segera mencari kamar untuk beristirahat sebentar, karena kegiatan RAKOR akan dimulai pada pukul 16.00 WIT. Ada waktu sebentar untuk berisitirahat di kamar hotel sebelum mengikuti sesi sore pada hari pertama kegiatan RAKOR Pengelolaan Dana BOS SD dan SMP Tahun 2018.

Penulis dan Iriansyah sebelum pukul 16.00 WIT keluar dari kamar  untuk menuju ruang aula di lantai dasar hotel.  Sesampai di ruang aula ternyata masih belum banyak peserta yang hadir, karena terlihat kursi banyak masih kosong. Kami mengambil tempat di barisan kedua dari depan, pas berhadapan dengan layar penayangan powerpoin, sehingga nantinya dapat melihat tayangan materi dengan jelas.

Paparan materi pada sesi sesi hari pertama RAKOR ini diisi dengan materi “ Pengelolaan Dana BOS SD dan SMP” yang disajikan oleh  Agus Dyan Nur, dari Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Banyak hal yang disampaikan oleh narasumber terkait dengan pengelolaan dana BOS sekolah, seperti tentang pelaporan dana BOS berdasarkan Permendagri, penggunaan  dana saldo awal dan RKAS murni, asset, BOSDA, SIMDA, dan sebagainya.

Selesai pemaparan materi oleh narasumber, dilanjutkan dengan tanya jawab dan dialog untuk memperdalam, memperjelas, dan berbagi informasi. Ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan dan juga usulan untuk pengelolaan BOS yang akan datang.  Selesai tanya jawab dan dialog dengan peserta,  kegiatan RAKOR sesi sore hari pertama ini ditutup, karena waktu sudah habis, meski masih ada peserta RAKOR yang ingin bertanya atau menyampai usulan.

Selepas dari pemaparan materi pada sesi sore hari pertama RAKOR ini ditutup oleh moderator dengan menyampaikan beberapa informasi terkait kegiatan selanjutnya, khususnya kegiatan pada sesi malam nanti. Moderator menutup kegiatan sesi sore hari pertama dengan mengucapkan ‘hamdalah’, dan kemudian peserta keluar ruang aula dan kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat untuk kembali lagi pada pukul 20.00 WIT.

Views All Time
Views All Time
14
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 104. Mengikuti Bimtek EDS : Upacara Penutupan Bimtek EDS
Next articleAku dan Jabatanku Sebagai “Kepala Sekolah”
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY