Bagian 106. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Pertama Sesi Malam

0
4

Kegiatan Rapat Kerja (RAKOR) Pengelolaan Dana BOS SD dan SMP Tahun 2018 di Hotel Treepark Banjarmasi  pada Rabu, 21 November 2018, sesi malam hari pertama dimulai pukul 20.00 WIT. Kegiatan sesi malam ini diisi dengan materi Evaluasi Pelaksanaan BOS SD dan SMP, yang disampaikan oleh Ruslan, selaku narasumber dan salah satu anggota Tim Manajemen BOS SD dan SMP Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam penyampaian paparannya, narasumber menyoroti tentang penyampaian laporan BOS secara online dari sekolah-sekolah di Kalimantan Selatan yang masih belum banyak, sehingga beliau mengharapkan sekali agar sekolah nantinya (tahun 2019) menyampaikan pelaporan online, setidaknya pada minggu II setiap triwulan berikutnya. Kemudian, narasumber menyajikan tayangan yang berkaitan dengan data penyampaian pelaporan online sekolah sebagaimana diharapkan.

Selanjutnya, narasumber menyinggung pula tentang pemutahiran data siswa , agar tidak terjadi kesalahan dalam data Dapodik sekolah masing-masing. Sinkronisasi data siswa perlu dilakukan secara periodik, jika sudah melakukan sikronisasi data siswa, maka perlu dicatat waktu secara rinci (waktu, hari,tanggal, bulan, dan tahun) atau difoto saat sikronisasi tersebut. Selain itu juga dipaparkan tentang saldo awal, dana BOS bagian dari APBD provinsi, BOS reguler, proses pengelolaan data BOS.

Narasumber juga menjelaskan secar rinci bagaimana mekanisme dan proses pencarian dana BOS SD, SMP, SMA/SMK oleh tim pengelola dana BOS  provinsi. Berkaitan dengan pengelolaan dana BOS oleh provinsi diawali dengan dasar hukum, sasaran penerima, pendataan sekolah,  alokasi BOS setiap sekolah, tahap penyaluran BOS,  ketentuan penyaluran dana BOS, dan seterusnya.

Dari paparan yang disampaikan, narasumber berharap agar dalam kegiatan MKKS atau K3S  agar dapat melakukan kerjasama dengan pihak narasumber yang kompeten dengan permasalahan pengelolaan dana BOS, seperti dari pihak pajak, insprektorat, dan sebagainya. Dalam pertemuan MKKS atau K3S mengundang pihak terkait tersebut untuk menyampaikan informasi sesuai  dengan bidangnya masing yang terkait dengan pengelolaaan dana BOS sekolah.

Selanjutnya, kegiatan tanya jawab dalam rangka memperdalam dan memperjelas informasi atau paparan yang telah disampaikan oleh narasumber, serta untuk menggali informasi dari peserta tentang permasalahan di lapangan dalam pengelolaan dana BOS selama ini. Ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan sekitar permasalahan pengelolaan dana BOS. Kegiatan sesi malam hari pertama Rakor ini berakhir pada pukul 22.00 WIT.

Views All Time
Views All Time
8
Views Today
Views Today
1
Previous articleMEMELIHARA TRADISI, MEMBANGUN BUDAYA ISLAMI
Next articleBagian 107. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Kedua Sesi Pagi
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY