Bagian 108. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Kedua Sesi Siang

0
6

Melanjutkan kegiatan Rapat Kerja (RAKOR) Pengelolaan Dana BOS SD dan SMP Tahun 2018 di Hotel Tree Park Banjarmasi hari kedua  pada Kamis,  22 November 2018, sesi pagi menjelang siang hari kedua pada  pukul 10.15 WIT,  dengan materi tentang Titik Kritis Pengelolaan Dana BOS. Moderator membuka dan memperkenal narasumber dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan  (BPKP) Kalimantan Selatan, yaitu Arif Hidayat.

Sebelum menyampaikan materi tentang Titik Kritis Pengelolaan Dana BOS, narasumber memberikan kuis melalui tayangan LCD proyektor dengan melibatkan peserta yang menggunakan smartphone masing-masing peserta. Kegiatan kuis ini menggunakan aplikasi ‘Kahoot’ yang dapat diunduh menggunakan smartphone dan ada kouta internetnya. Sebelum dilaksanakan kegiatan kuis ini, peserta diminta mengunduh aplikasi ‘Kahoot.it.” pada masing-masing smartphone-nya.

Setelah semua peserta yang hadir mengunduh aplikasi yang dimaksud, maka permainan kuis dimulai oleh narasumber. Materi kuis itu sendiri merupakan materi yang berkaitan dengan pengelolaan dana BOS terbaru. Satu per satu soal kuis disajikan oleh narasumber, dan setiap soal kuis dijawab langsung peserta dengan menggunakan smartphone masing-masing. Hasil jawaban kuis tersebut juga dapat dilihat langsung dilayar LCD proyektor dengan nilai atau skor dan peringkat penjawab terbaik.

Ada 8 (delapan) soal kuis yang diajukan oleh narasumber yang semunya berkaitan langsung dengan pengelolaan dana BOS, dan kemudian ditutup dengan daftar peringkat peserta yang dapat menjawab dengan benar semua soal kuis tersebut. Dengan adanya kuis yang bersifat interaktif dan menarik tersebut, membuat peserta meras lebih terhibur dan senang dalam mengikuti materi yang akan disajikan oleh narasumber. Berdasarkan hasil penskoran dari jawaban benar yang disajikan oleh narasumber, ada 5 orang peserta menduduki peringkat tertinggi 1- 5 dari sekitar 85 peserta yang ikut kuis tersebut.

Seusai kegiatan kuis, narasumber menyampaikan materi umum tentang jenis-jenis korupsi;  sejarah  perkembangan korupsi sejak abad ke-4 sebelum Masehi;  budaya malu dan perilaku kuroptor; korupsi dan peran pengamalan nilai-nilai agama; soft control; peran dan fungsi BPKP dulu dan sekarang; dan kekuasaa dan keuangan negara.

Selanjutnya, narasumber memberikan informasi khusus dengan pengelolaan dana BOS yang terkait dengan kaedah pengelolaan dana BOS; hakikat dana BOS; pengaturan dan pencairan dana BOS; ketentuan penerima dana BOS; manajemen pengelola dana BOS; penggunaan dana BOS; tujuan penggunakan dana BOS oleh sekolah; dan beberapa titik kritis pengelolaan dana BOS sekolah selama ini.

Setelah memberikan banyak memberikan paparan dan informasin terkait pengelolaan dana BOS dan titik kritisnya, kemudian narasumber memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya atau memberikan usulan, masukan, dan sebagainya. Beberapa peserta menanggapi paparan dari narasumber dengan mengajukan pertanyaan, usulan, dan sebagainya. Selesai kegiatan tanya jawab, menutup penyajian materinya, dan kemudian moderator menutup sesi pagi sesi pagi menjelang siang pada  pukul 12.30 WIT.

 

 

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 107. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Kedua Sesi Pagi
Next articleBagian 109. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Kedua Sesi Sore dan Penutupan
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY