Bagian 109. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Kedua Sesi Sore dan Penutupan

0
4

Kegiatan Rapat Kerja (RAKOR) Pengelolaan Dana BOS SD dan SMP Tahun 2018 di Hotel Tree Park Banjarmasi hari kedua  pada Kamis,  22 November 2018, sesi siang hari kedu pada  pukul 13.15 WIT. Moderator membuka dan memperkenalkan narasumber yang akan memberikan materi, yaitu dari Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan, dengan materi Pembinaan dan Pengawasan Penggunaan Dana BOS SD dan SMP.

Narasumber memberikan informasi yang terkait dengan kegiatan pembinaan dan pengawasan dalam penggunaan dana BOS sekolah, khususnya di sekolah yang berada di lingkup Dinas Pendidikan Provinsi, baik SMA, SMK, dan sekolah yang lainnya sesuai kewenangan dari Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan.  Selain menyampaikan informasi yang kegiatan pembinaan dan pengawasan, narasumber juga memberikan fakta yang ditemukan dalam kegiatan pengawasan di sekolah yang berkaitan dengan penggunaan dana BOS.

Selanjutnya, narasumber memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan pertanyaan, saran, dan hal lainya yang terkait dengan pengelolaan dana BOS di sekolah selama ini. Beberapa peserta Rakor menanyakan tentang penggunaan dana BOS yang bersifat operasional atau khusus di sekolahnya masing-masing.

Beberapa pertanyaan dari peserta dapat dipahami dan dijawab oleh narasumber sesuai dengan tugas dan fungsi narasumber, namun ada beberapa pertanyaan yang tidak dapat dijawab narasumber, karena bukan terkait dengan tugas dan fungsinya. Oleh sebab itu, narasumber akan membawa pertanyaan peserta tersebut kepada pihak yang lebih kompeten untuk menjelaskannya.

Selesai kegiatan tanya jawab dengan peserta, kemudian moderator memberikan kesimpulan dan memberikan beberapa informasi terkait dengan kegiatan Rakor selanjutnya. Menurut informasi dari moderator, setelah istirahat menjelang sore nanti akan dilanjutkan dengan materi dari Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan penyajian materi tentang  Pembinaan dan Pengawasan Penggunaan Dana BOS SD dan SMP diakhiri pada pukul 15.45 WIT.

Berdasarkan informasi dari pihak panitia penyelenggara, bahwa kegiatan Kegiatan Rapat Kerja (RAKOR) Pengelolaan Dana BOS SD dan SMP Tahun 2018 di Hotel Tree Park Banjarmasin Angkatan IV ini merupakan angkatan terakhir. Oleh sebab itu,  selesai penyajian materi dari berbagai narasumber, maka akan dilaksanakan kegiatan upacara penutupan, Pejabat yang akan menutup kegiatan Rakor ini adalah Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ada perubahan jadwal kegiatan Rakor, yang semula akan dilaksanakan pada malam hari, kemudian dimajukan pada sore hari,  Kamis, tanggal 22 November 2018.  Persiapan untuk kegiatan upacara penutupan dilaksanakan oleh panitia penyelenggara, karena yang akan menutup kegiatan Rapat Kerja (RAKOR) Pengelolaan Dana BOS SD dan SMP Tahun 2018 di Hotel Tree Park Banjarmasin dari angkatan I sampai IV.  Kegiatan upacara penutupan dilaksanakan pada  pukul 16.30 WIT hingga pukul 18.00 WIT.

Views All Time
Views All Time
9
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 108. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Kedua Sesi Siang
Next articleBagian 110. Mengikuti Workshop Penyusunan DPA-2019
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY