Bagian 110. Mengikuti Workshop Penyusunan DPA-2019

0
7

Bersama dengan Bendahara BOS sekolah, penulis memenuhi undangan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, penulis bersama Bendahara BOS UPTD SMPN 1 Bajuin mengikuti  Workshop Penyusuna  DPA  UPTD SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Tanah Laut, pada Selasa, 12 Maret 2019 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan tersebut  dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut dan dihadiri oleh kepala sekolah dan bendahara BOS UPTD SMP negeri dan swasta se Kabupaten Tanah Laut

Kegiatan workshop dibuka pada pukul 09.45 WIT dengan didahului pembacaan ‘basmalah’ oleh seluruh hadirin, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh hadirin, dan dilanjutkan dengan pembacaan doa. Seusai pembacaan doa, dilanjutkan denganpengarahan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Tanah Laut, Abdillah, M.Pd; yang antara lain menyampaikan perlunya penyusunan anggaran yang sesuai dengan prosedur dalam pengadimintrasian keuangan; pola pemeriksaan oleh inspektorat yang sesuai dengan KPK; perlu kehati-hatian pembelian buku dan barang lainnya

Terkait dengan penyerahan dan pembagian laptop yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, Kepala Dinas menginformasikan bahwa  penyaluran laptpo bantuan untuk pelaksanaan UNBK 2019 ini, ada yang didanai dari  DAK dan APBD; bagi sekolah yang kurang laptopnya dipersilahkan untuk pinjam pakai untuk menutupi kekurangan bagi peserta UNBK kepada sekolah yang tidak melaksanakan UNBK mandiri,  tetapi mendapat bantuan laptop; laptop tersebut tidak hanya  dapat dipakai untuk UNBK saja tetapi juga digunakan untuk pembelajaran; sekolah agar menjaga dan memilihara laptop yang telah diberikan dengan baik.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut ini juga menyampaikan bahwa tahun 2019 ini laporan dana BOS  sudah beres;  tahun depan, 2020,  UPTD menjadi KPA (Kuasa Pengguna Anggaran); terakhir menyampaikan apresiasi kepada seluruh kepala sekolah dan bendahara BOS yang telah berkenan hadir memenuhi undangan dan mengikuti kegiatan hari ini; dan meminta kepada hadirin berdoa agar nantinya UNBK sukses dalam pelaksanaan dan sukses juga hasilnya.

Kegiatan selanjutnya, penyajian materi tentang PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) yang disampaikan Kasubag Perencanaan dan Keuangan Disdikbud Tanah Laut; yang isinya antara lain menyampaikan tentang  dasar hukum pengadaan barang dan jasa (Perpres No.16/2018); perlunya mengetahui cara/prosedur penyusunan HPS (Harga Perkiraan Sementara); perlunya pembelian barang dengan melalui e-katalog;  dan pada sesi akhir dibuka dialog /tanya jawab dengan peserta workshop, yang ditanggapi oleh peserta seperti Bustanul Arifin, Adan HW; Gunawan;Masruri, dan Dyah Setyorini.

Kegiatan Workshop Penyusunan DPA  UPTD SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Tanah Laut diteruskan dengan melakukan perbaikan dan penyesuaian RKAS yang dilakukan oleh bendahara BOS dengan didampingi oleh kepala sekolahnya masing-masing  hingga pukul 13.30 WIT.

 

 

Views All Time
Views All Time
23
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 109. Mengikuti RAKOR BOS 2019 : Hari Kedua Sesi Sore dan Penutupan
Next articleCARA MENYIMPAN ARSIF TULISAN DALAM BENTUK BARKODE
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY