Bagian 30. Buku ToR : Ramadhan dan Ngabuburit

0
12

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan memiliki keunikan tersendiri terutama saat berbuka puasa bagi anak-anak muda yang dikenal dengan istilah Ngabuburit.

Ngabuburit adalah menunggu saat-saat berbuka puasa, nungrong sambil bercengkrama dengan teman-temannya, sambil duduk-duduk dipinggir jalan, ditempat wisata, taman dan sambil bermain game online dan lain sebagainya.

Ngabuburit dalam agama Islam memang sangat dianjurkan yaitu menunggu saat berbuka puasa dengan membaca Al-Qur’an, shalawat, tasbih, tahlil, istighfar dan memperbanyak do’a kepada Allah SWT.

Ada tradisi ngabuburit yang sering dilakukan saat menjelang buka puasa antara lain dengan kalimat sebagai berikut :”Asyhadu Alla Ilaha Illa llah Astagfirullah as’alukal jannata wana’uzubika Minan naar. …dst.

Memang tradisi ngabuburit tidak dilarang oleh agama dengan syarat ngabuburit yang positif yaitu ngabuburit dengan tidak menggibah orang lain, membuli orang sedang lewat dan tidak membuat keonaran.

Mari kita isi bulan ramadhan tahun ini dengan berbagai kegiatan ibadah dan muamalah sosial lainnya sambil menunggu saat berbuka puasa sambil ngabuburit bersama, seperti berbagi kebahagiaan dan kebajikan berbagi takjil dan lain sebagainya.

28 Ramadhan 1440/02 Juni 2019

 

 

Views All Time
Views All Time
54
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY