Bagian 4. Buku PMS-Edisi Palangkaraya. MENGIKUTI UPACARA PEMBUKAAN PELATIHAN MENULIS IGI KALTENG

0
9
Upacara pembukaan kegiatan IGI Kalteng

Penulis  segera bersiap-siap berangkat ke LPMP Kalimantan Tengah untuk mengikuti acara pembukaan pelatihan menulis yang dijadwalkan pukul 13.30 WIB. Selesai menyiapkan segala sesuatunya, aku mohon pamit dengan keluarga isteri dan keluarga Saufi untuk berangkat ke LPMP  Kalimantan Tengah  guna menghadiri dan mengikuti upacara pembukaan dan rangkaian acara lainnya. Sekitar pukul 13.10 WIB penulis berangkat dengan membawa mobilku menuju tempat kegiatan, namum sebelumnya penulis minta informasi dengan Saufi jalan yang harus aku lalui ketika menuju ke LPMP Kalimantan Tengah   karena banyak belokan dan jalur jalan di sepanjang jalan keluar menuju jalan protokol, yaitu Jl. Cilik Riwut. Bismillah, aku berangkat menuju aula  LPMP Kalimantan Tengah.

Dalam perjalanan menuju ke LPMP Kalimantan Tengah ini, ternyata penulis salah mengambil posisi belok, akibatnya ‘tersesat’ di jalan. Terpaksa penulis  menelpon Saufi untuk meminta informasi agar dapat kembali ke “ jalan yang benar”, dan oleh Saufi disarankan agar penulis balik kembali dan mengikuti petunjuk arah yang ia informasikan. Ada sekitar 10 menit penulis ‘tersesat” arah jalan keluar menuju jalan protokol Jl,Cilik Riwut. Maklum saja, penulis baru pertama masuk dan mengenal medan serta sendirian mengemudikan mobil sehingga kemungkinan  tersesat jalan sangat besar.

Sesampai di aula LPMP Kalimantan Tengah sekitar pukul 13.30 WIB,  penulis segera menemui Bapak Denie, yang sebelumnya sudah kenalan dan bertemu, dan saat penulis berbincang dengan Bapak Denie bergabung pula Ibu Diana, orang yang berkomunikasi dengan penulis selama ini melalui telpon maupun WA. Sementara itu, para peserta yang akan mengikuti kegiatan sedang melakukan registrasi dengan pihak petugas. Kami bertiga berbincang-bincang cukup lama, maklum selama ini komunikasi kami hanya  lewat handphone dan belum kenal dan bertemu langsung sebelumnya. Alhamdulillah, dapat bertemu dengan kawan-kawan IGI Kalimantan Tengah.

Pelaksanaan upacara pembukaan Pelatihan Menulis IGI Kalimantan Tengah dilaksanakan pada Jumat, 9 Pebruari 2018, di aula LPMP Kalimantan Tengah dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam upacara pembukaan tersebut yang mewakili Kepala LPMP Kalimantan Tengah, Bapak Dr. Sugeng ,M.Pd, Ibu Dr. Rusnanie selaku  Ketua Harian IGI Pusat, narasumber, undangan dan peserta yang telah berhadir.  Acara dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IGI oleh semua hadirin. Selesai menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan acara doa. Selesai pembacaan doa dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Ketua Panitia (Bapak Denie, M.Pd) , Ketua IGI Kalimantan Tengah (Ibu Retno Prilina Leti, M.Pd),  dan yang terakhir oleh yang mewakili Kepala LPMP Kalimantan Tengah (Bapak Dr.Sugeng,M.Pd)  sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi.

Upacara pembukaan Pelatihan Menulis IGI Kalimantan Tengan dengan tema “ Menjadi Penulis Kreatif dan Inovatif” pada Jumat tanggal 9 Pdebruari 2018 di aula LPMP Kalimantan Tengah telah selesai dan berlangsung dengan hikmat. Dengan demikian, maka kegiatan pelatihan menulis ini resmi dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu Jumat-Sabtu, tanggal 9-10 Pebruari 2018 di aula LPMP Kalimantan Tengah, Jl. Cilik Riwut Palangkaraya.

###bukuPMS###

Views All Time
Views All Time
25
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 15. Buku ToR : Ramadhan dan Keajaiban Do’a
Next articleBagian 5. Buku PMS-Edisi Palangkaraya. BERBAGI PENGALAMAN MENULIS HARI PERTAMA
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY