Bagian 43. Buku ToR : Lebaran dan Arus Balik Mudik

0
9

Lebaran telah berlalu dan yang tertinggal saat ini adalah arus balik mudik ke daerah asalnya masing-masing.

Menuruit informasi di media masa televisi dan koran, setelah lebaran dihari ke-5 dan ke-6 bahkan sampai saat ini arus balik mudik terus berlangsung. Hal ini tidak bisa dipungikiri bagi kita karena secara manuisiawi ketika mudik pulang kampung halaman maka dipastikan akan kembali ke tempat tugas dan tempat kerjanya masing-masing.

Permasalahan klasik saat arus balik mudik ini terus akan terjadi yaitu kemacetan disepanjang jalan menuju ke kota atau sebaliknya. Akan tetapi yang lebih padat adalah arus balik menuju ke perkotaan, karena kebanyakan pemudik adalah berasal dari perkotaan.

Problematika kemacetan di jalan saat ini tentu akan membawa dampak yang lebih serius yaitu keterlambatan tiba ditempat tujuan sehingga akan mengakibatkan tidak masuk kerja atau terlambat datang.

Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditetapkan pemerintah awal masuk kerja tanggal 10 Juni 2019 setelah libur bersama idul fitri adalah hari-hari yang sangat mengkhawatirkan sebagian orang, karena akibat macet di jalan saat arus balik mudik akan berdampak terlambat masuk kerja dan bahkan ada yang tidak masuk kerja. Hal ini membuat kepala dearah marah dan jengkel karena tidak bisa mengatur waktu baliknya.

Pengalaman ini tentu terus saja terjadi dikarenakan tidak adanya toleransi bagi ASN yang terlambat dan tidak masuk kerja, maka sanksi akan dikenakan bagi mereka.

Kita berharap semoga adanya perbaikan sistem dan jalan sehingga arus balik pemudik akan lancar dan tidak ada kendala di masa-masa yang akan datang. Aamiin.

07 Syawal 1440/12 Mei 2019

Views All Time
Views All Time
27
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY