Bagian 5. Buku PMS-Edisi Palangkaraya. BERBAGI PENGALAMAN MENULIS HARI PERTAMA

0
9
Pemaparan materi oleh Ibu Diana M, S.Ag

Setelah selesai upacara pembukaan Pelatihan Menulis IGI Kalimantan Tengan dengan tema “ Menjadi Penulis Kreatif dan Inovatif” diselingi dengan istirahat sekitar 10 menit, selanjutnya dengan kegiatan utama yaitu pelatihan menulis, yang diawali dengan pemaparan materi oleh Ibu Dr. Rusnanie selaku Ketua Harian IGI Pusat, yang kebetulan berasal dan tinggal di Palangkaraya (Kalimantan Tengah). Beliau menyampaikan materi tentang kebijakan dan program IGI dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan kompetensi guru. Penyampaian materi oleh Ibu Dr. Rusnanie ini sekitar 45 menit.

Acara berikutnya,  selesai  paparan dari Ketua Harian IGI Pusat tentang berbagai kebijakan dan program IGI adalah materi dan paparan utama tentang menulis. Kami berdua, penulis dan ibu Diana M.S.Ag, sudah sejak lama diminta oleh Panitia  untuk memberikan ilmu, informasi, dan pengalaman tentang menulis. Pada sesi pertama yang tampil menyampaikan materi sekelaigus berbagi pengamalan menulis adalah Ibu Diana M.S.Ag. Beliau menyajikan materi tentang bagaimana menjadi penulis dan berbagi pengalaman menulis buku dan menerbitkannya. Ada sekitar 20 menit, yaitu dari pukul 15.00 -15.20 WIB,  beliau memaparkan dan berbagi ilmu dan pengalaman dengan peserta dan hadirin.

Selanjutnya, penulis diberi kesempatan untuk menyampaikan ilmu,informasi, dan pengalaman dalam hal menulis, terutama pada penulisan artikel atau opini sekitar 20 menit pula, yaitu dari pukul 15.20-15..40 WIB. Aku menyampaikan materi selain secara lisan juga menggunakan tayangan powerpoin melalui LCD proyektor yang dioperasionalkan oleh petugas khusus yang ditunjuk Panitia. Sebelum menyampaikan materi, penulis memperkenalkan diri dengan audien/peserta karena baru pertama bertemu dalam kegiatan ini. Selanjutnya, penulis menyajikan materi tentang ‘MENULIS ITU MUDAH” ,yang isinya antara lain tentang petunjuk teknis menulis artikel/opini yang nantinya dikirim ke koran, diselingi dengan contoh konkrit/nyata tulisan artikel/opini aku yang pernah terbit di koran lokal Kalimantan Selatan.

Dalam rangka memperdalam dan memahami materi yang telah disampaikan oleh kami berdua, kegiatan dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab dengan narasumber yang dipandu oleh moderator, Bapak Denie,M.Pd. Ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh peserta terkait dengan materi yang aku atau Ibu Diana sampaikan  sebelumnya. Intinya, peserta cukup antusias dan bersemangat mengikuti dan mendengarkan apa yang kami sampaikan, sehingga tidak terasa waktu penyajian materi dari kami berdua hampir memakan waktu 2 (dua), yaitu hingga menjalang pukul 18.00 WIB. Sesuai dengan jadwal, materi yang akan kami sampaikan berdua masih ada besok hari, yaitu Ahad tanggal 10 Pebruari 2018.

Kegiatan pembukaan dan pelatihan menulis hari pertama telah terlaksana dengan baik dan lancar, dan berikutnya akan dilanjutkan kembali besok hari. Sebelum kegiatan hari pertama ditutup, Panitia memberikan”PR” kepada peserta agar membuat tulisan apa saja, baik itu opini, puisi, cerpen, dan sebagainya,  untuk disajikan besok hari.  Kegiatan hari pertama berakhir sekitar pukul 18.30 WIB.

###bukuPMS###

Views All Time
Views All Time
27
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 4. Buku PMS-Edisi Palangkaraya. MENGIKUTI UPACARA PEMBUKAAN PELATIHAN MENULIS IGI KALTENG
Next articleMemaknai Harkitnas di Era Revolusi Industri 4.0
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY