Bagian 6. Buku ToR : Sabar itu Berat

0
15

Bulan Ramadhan adalah identik dengan bulan kesabaran. Masalahnya segala godaan yang paling banyak adalah menguji kesabaran terutama bagi orang  yang sedang berpuasa.

Hari ini ketika penulis melaksanakan ibadah shalat Jum’at di Masjid Baiturrahman dekat tempat tinggal penulis kebetulan penulis agak terlambat datang ke masjid tersebut. Saat itu penulis datang habis rapat dinas di sekolah tempat penulis bertugas sehingga dapat tempat di emperan masjid. Saat Khatib sedang khutbah di ujung masjid ada beberapa anak muda seumuran sekolah menengah asyik bercanda gurau padahal sang khatib lagi menyampaikan khutbahnya dari awal sampai khutbah kedua tetap saja mereka bercanda gurau, betapa menguji kesabaran jama’ah lainnya.

Tidak sampai di situ, kesabaran kami tetap diuji ketika shalat Jum’at mulai dilaksanakan didepan penulis ada anak kecil yang sedang tidak ikut shalat dan sangat mengganggu kekhusyuan kami… Masya Allah, ini mungkin kesabaran yang diuji ketika kita sedang berpuasa. Pantas Nabi mengatakan bahwa ketika kita sedang berpuasa dan ada yang mengundang kemarahan, katakanlah “saya lagi sedang puasa, saya lagi sedang puasa”.

Sebagaimana hadis Nabi Muhammad saw. dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya : “Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata-kata kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa.” (HR. Bukhari no. 1904 dan Muslim no. 1151).

Imam Nawawi rahimahullah dalam Kitab Al Adzkar mengatakan, “Termasuk yang dianjurkan adalah jika seseorang dicela oleh orang lain atau diajak berkelahi ketika dia sedang berpuasa, maka katakanlah “Inni shoo-imun, inni shoo-imun [artinya: Aku sedang puasa, aku sedang puasa]”, sebanyak dua kali atau lebih.” (Al Adzkar, hal. 183).

Dalam Islam, Sabar itu dikategorikan menjadi 3 yaitu sabar dalam ketaatan, sabar dalam menghadapi kemaksiatan dan sabar dalam mendapat musibah atau ujian. Mungkin inilah yang kesabaran ketika melaksanakan ketaatan, yaitu ketika melaksanakan ibadah puasa.

Belum lagi godaan yang ada di sekitar kita, seperti adanya makanan yang enak-enak saat di siang hari dan ketika pergi ke pasar dan boleh jadi saat melihat adanya warung yang buka di siang hari maka kesabaran kita sangat-sangat dipertaruhkan untuk menjadi insan muttaqin sesuai tujuan dari ibadah puasa tersebut.

Semoga bulan ramadhan tahun ini kita dapat mengendalikan amarah dan kita bisa bersikap sabar dalam setiap langkah menghadapi segala ujian dan cobaan kita. Aamiin.

05 Ramadhan 1440 / 10 Mei 2019

Views All Time
Views All Time
48
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY