Ini pengalaman saya selama BDR. Bisa jadi pengalaman ini dialami juga oleh para gurusianer di sini. Terutama ibu-ibu.  Mungkin karena lagi musimnya.  Emangnya  cuaca ada musimnya, atau bisa jadi takut dibilang ketinggalan zaman kalau nggak jadi pelakor.Pasti penasarankan ?  Makanya  bacalah sampai tuntas

Ketika Proses Belajar Mengajar ( PBM )  dilaksanakan secara tatap muka, semua perilaku siswa akan mudah diketahui oleh guru. Apabila ada siswa yang kuper ( Baca: kurang perhatian ) kita langsung tilang. Maksudnya diberi tindakan langsung. Bisa dengan menegurnya, atau dengan tindakan lain yang bisa memusatkan kembali perhatian siswa. Disini pentingnya keterampilan untuk mencuri perhatian siswa.

Berbeda dengan PBM daring saat ini. Dimana jarak memisahkan guru dengan siswa. Apapun akan dengan mudah dilakukan siswa tanpa sepengetahuan gurunya. Walaupun peraturan telah disepakati. Buktinya ketika google meeting atau zoom meeting  yang nampak dilayar laptop bukan dirinya, tetapi…BTS, BLACKPINK,NCT,TREASURE dan artis korea lainnya. Benar-benar mereka telah menjadi pelakor. ( Baca : Penyuka Lagu Korea ) hehhehehehe.

Pelakor adalah hak semua siswa. Kita hormati itu.  Dalam masa  perkembangannya,pasti mempunyai idola masing-masing. Tapi sebagai guru , tentu saja kita harus menegakan disiplin. Sepakati dengan siswa, ketika PBM melalui google meet atau Zoom Meet, katakan kepada mereka, “ Tolong kameranya dibuka”. Minimal pada waktu absensi. Jadi kita bisa memastikan bahwa mereka benar-benar hadir mengikuti pembelajaran. Tidak diwakili oleh artis idolannya. Sementara mereka asyik menikmati lagu-lagu K-Pop yang lagi Hits.

Semoga bermanfaat. Salam literasi.

Sukabumi, 26 Februari 2021.

pelakor
ini bukan siswa pelakor

Views All Time
Views All Time
24
Views Today
Views Today
1

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY