Belajar Dari Covid-19

0
43

Tiba-tiba sekolah diliburkan, anak-anak harus belajar dirumah, uang jajan tidak lagi dicairkan, diganti dengan membiayai paket data. Tiba-tiba belajar menjadi tidak senyaman dulu di kelas, bisa bertanya, meminta izin, bebas menentukan tempat duduk. Tiba-tiba orangtua harus “menggantikan” fungsi guru di sekolah, grup whatsapp menjadi lebih aktif dari biasanya. Tiba-tiba guru menjadi gagap, harus mengubah cara mengajar dari tatap muka langsung menjadi daring, Tiba-tiba pemakaian kuota membengkak, sedangkan materi masih tersisa. Semua terjadi tiba-tiba, sangat cepat.

Kemarin, sebelum pandemi ini datang, tiap pagi anak-anak berangkat ke sekolah selalu membawa semangat dan tekad untuk belajar,  bertemu guru menitipkan harapan dan kebahagiaan, masa-masa sekolah bagi mereka adalah sesuatu yang menyenangkan, menarik dan menggairahkan baginya, lalu pulang meninggalkan kelas, mencium tangan guru penuh kasih dan membawa keyakinan yang lebih atas kemampuannya sendiri.

Belajar dari Covid-19, adalah belajar bagi guru untuk mendisrupsi dirinya sebaik mungkin bahwa mengajar tidak melulu soal pencapaian nilai, tidak melulu tentang penguasaan ilmu. tapi tentang memberi kesempatan kepada anak-anak untuk memandang hidup secara positif. Belajar dari Covid-19 adalah belajar bagi orangtua untuk lebih dekat lagi terhadap keluarga dan anak, memperbanyak momentum bonding terhadap anak, memasak bersama, maskeran bersama, piknik dirumah, ibadah ramadhan bersama. menciptakan sebanyak-banyak cerita kebersamaan selama pandemi.

Belajar dari Covid-19 adalah belajar bagi anak-anak kita untuk menerima kenyataan bahwa ujian nasional telah ditiadakan, bahwa belajar di rumah dan kelas sama saja, bahwa guru sejati sebenarnya adalah ayah dan ibu mereka. Ia juga bermakna bahwa belajar tetap harus optimis dan semangat dalam kondisi yang memprihatinkan saat ini, belajar bagaimana mengolah rindu bertemu teman dan guru-guru di sekolah, menjadi pengalaman menarik ketika membantu orang tua menyiapkan makan malam, menjaga adik, dan cerita menarik lainnya yamg bersumber dari rumah.

Views All Time
Views All Time
35
Views Today
Views Today
2

LEAVE A REPLY