Belajar Mengorganisasikan

0
13

Masih dalam suasana kehidupan New Normal ini kita sebagai guru masih berkutat dalam pembelajaran daring, lambat laun sudah terbiasa membuat bahan ajar yang akan dishare dalam WA Group Kelas.

Karakteristik pembelajaran siswa sekolah dasar yang masih suka bermain, praktik langsung, dan bekerja kelompok. Pada pembelajaran pengorganisasian sebagai bahan dan ide baru merupakan bagian belajar di sekolah dasar. Pembelajaran yang bermakna, dalam masyarakat modern karena bisa berarti juga belajar dalam proses.

Sebagai contoh belajar mengorgasisasikan adalah tentang bagaimana cara mengorganisasikan pengetahuan yang diperolehnya berdasarkan pemikiran anak. Dalam pembelajaran IPA misalnya pada saat Guru menjelaskan tentang tanaman, anak diajarkan untuk mengorganisasikan pengetahuannya antara lain; Tanaman diorganisasikan antara lain; berdasarkan tempat hidup, berdasarkan cara berkembang biak, berdasarkan bentuk akar dan berdasarkan bentuk daun. Perlu banyak gambar yang harus diunggah dalam group memang, tetapi hal ini akan menyenangkan bagi anak.

Demikianlah sekelumit tulisan yang saya peroleh di bangku kuliah tentang pengorganisasian yang disesuaikan dengan pemikiran anak usia sekolah dasar. Mohon kritik yang membangun untuk saya pelajari dan kembangkan.

Terima kasih atas kesediaan pembaca, semoga tulisan ini menjadi ladang ilmu bagi kita semuanya.

Salam literasi

Sundari, S.Pd, M.Pd

 

Views All Time
Views All Time
23
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY