Belenggu Kini Berlalu

0
11

Masih ingat novel Belenggu karya Armijn Pane? Beliau adalah tokoh Majalah Pujangga pada tahun 1933 bersama-sama dengan Sutan Takdir Alisjahbana. Novel yang mengisahkan tentang seorang dokter bernama Sukartono yang tidak bahagia menikah dengan Sumartini. Ketidakbahagiaan Sumartini (Tini) ini terjadi karena Sukartono sangat mencintai pekerjaannya sebagai seorang dokter, hingga tidak memedulikan perasaan istrinya. Ia tidak menyadari bahwa kebiasaannya mengobati pasiennya siang dan malam itu membuat istrinya semakin menjauh.

Kecintaan Sukartono (Tono) terhadap pekerjaannya, semakin memperumit keharmonisan rumah tangga mereka. Terlebih lagi pernikahan mereka tidak didasari dengan perasaan cinta. Mereka menikah dengan alasan berbeda. Sukartono menikah dengan Sumartini karena kecantikan dan kecerdasaannya. Sedangkan Sumartini menikah dengan Sukartono karena ingin melupakan masa lalunya yang kelam.

Mereka tidak pernah bertukar pikiran, tidak pernah berkomunikasi. Masalah yang dihadapipun tidak pernah diselesaikan berdua, sebagaimana suami-istri sewajarnya. Masing-masing memiliki alasan untuk menyelesaikan masalahnya. Hingga mereka tidak harmonis dan pertengkaran tidak berujung damai.

Novel yang bagus sebagai bahan referensi untuk tulisan dengan mengambil cerita penulis lama disesuaikan dengan kondisi saat ini. Wanita berjalan sejajar dengan pria namun demikian tetap harus memegang teguh kodrat seorang wanita. Wanita harus cerdas dan mandiri bisa beradaptasi dengan segala perubahan.

Dalam novel tersebut bahwa Tini menuntut suaminya untuk lebih memperhatikan dirinya. Kesibukan suaminya membuat dian semakin menjauh darinya, hal ini tidak boleh terjadi. Sebagai istri seorang dokter, Tini harus mampu memberi contoh yang baik bagi lingkungannya. Tidak larut dalam kesedihan, namun berusaha untuk mengimbangi kegiatan suaminya yang sangat memperhatikan pasien-pasiennya.

Menjadi wanita yang cerdas adalah dambaan setiap wanita. Berkarya dalam suasana gembira, menikmati kehidupan penuh dengan rasa bahagia.

 

Malang, Maret 2021

Views All Time
Views All Time
13
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY