BENARKAH/HOAX KURIKULUM 2013 MAU DIGANTI DENGAN KURIKULUM YANG BARU ???

1
144

Beberapa minggu yang lalu saya mendapat kiriman dari grup washap yang dishare oleh teman tentang “Kurikulum 2013 mau diganti dengan yang baru  ???” Apakah berita tersebut benar/ hoax ???Di grup washap tersebut banyak yang memberikan komentar. Macam-macam komentar tersebut, hanya kebanyakan kurang mendukung seandainya kurikulum 2013 mau diganti.

Saya  pribadi kurang setuju kalau kurikulum 2013 mau diganti. Karena waktu liburan sekolah guru-guru di sekolahku. Banyak  yang mengikuti bintek kurikulum 2013 revisi 2017. Belum dikerjakan yang revisi sekarang harus diganti lagi kurikulumnya. Jadi seorang pendidik jadi bingung untuk membentuk karakter siswa-siswinya kalau seandainya kurikulum mau diganti dengan yang baru.

Kalau diibaratkan dengan contoh : seorang ibu sedang membuat kue tart,ada tamu terpaksa harus menyambut tamu tersebut.Sedangkan ibu tadi sedang mengocok telor,gula putih,terigu dsb bahan-bahan untuk membuat bolu tart.Kira-kira tinggalkan 30 menit kocokan tadi.Kira-kira apa yang akan terjadi kepada adonan tadi ???

Sudah terbayang hasil adonan tadi pasti bolu tartnya bantat/tidak jadi karena tidak mengembang.Begitu juga dengan pendidikan di Indonesia yang selalu ganti-ganti kurikulum. Apa yang terjadi terhadap perkembangan sikap,pengetahuan dan keterampilan bagi siswa-siswi kita. Orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya pasti bingung.

Ada beberapa perubahan kurikulum sewaktu saya masih sekolah dulu dan sampai menjadi guru.Kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia untuk jenjang SD – SMA/STM/SMK (kalau saat ini )  dari sumber http://edubagi.blogspot.co.id/2016/03/10-kurikulum-yang-pernah-berlaku-di.html seperti :

  1. Kurikulum Tahun 1947
  2. Kurikulum Tahun 1952
  3. Kurikulum Tahun 1964
  4. Kurikulum Tahun 1968
  5. Kurikulum Tahun 1975 ( Waktu masih di sekolah SD )
  6. Kurikulum Tahun 1984 ( CBSA=Cara Belajar Siswa Aktif )
  7. Kurikulum Tahun 1994 Dan Suplemen Kurikulum 1999
  8. Kurikulum Tahun 2004 ( KBK=Kurikulum Berbasis Kompetensi )
  9. Kurikulum Tahun 2006 KTSP
  10. Kurikulum Tahun 2013 (revisi tahun 2014,2015,2016,2017 )

Itulah uraian kurikulum yang pernah ada di Indonesia. Saya sebagai pendidik merasakan dan menerima bintek kurikulum pada tahun 2013 revisi tahun 2014 sebagai IN (Instruktur Nasional ) untuk guru kelas 1 SD. Saya mendapat pelatihan selama 1 minggu di LPMP Jawa Barat .Pada waktu itu dibimbing oleh Pak H.Tatang Sunendar,M.Pd dan Bu Ratna,M.Pd. Setelah bintek selama 1 minggu.

Beberapa bulan kemudian harus membimbing guru-guru di SDN Pajagalan 58 Kec.Astana Anyar Bandung selama 5 hari. Selama membimbing 5 hari dapat honor sebesar              Rp 2.750.000.Saya tidak mutafik dengan honor tersebut dinikmati saja. Selanjutnya pulang ke sekolah membimbing guru-guru di sekolah dan di gugus tingkat kecamatan. Selama membimbing di tingkat gugus dapat juga honor.

Selama saya dilatih dan membimbing guru-guru. Otomatis harus meninggalkan murid-murid di sekolah diganti oleh guru honorer. Dari tahun 2014-saat ini saya lelah untuk menghadapi kurikulum baru. Karena yang mendapatkan pelatihan pasti alumni.

Waktu,pikiran,tenaga terkuras ke dalam kurikulum . Setiap ada perubahan/revisi kami yang membuat sebagai example untuk guru-guru yang lain. Walaupun dituntut dari peraturan bahwa guru harus mengembangkan PKB.Sedangkan tidak semua guru/pendidik yang mengembangkan PKB. Ada info tentang seminar,pelatihan,workshop,diklat ada yang gratis/berbayar tetap saja tidak tertarik untuk PKB.

Berikan berita yang tidak memberatkan guru-guru dalam mengajar dan dalam pembuatan adm sekolah.Apabila kurikulum diganti dengan yang baru,berikan keringanan  dalam hal penilaiannya.Karena kurikulum 2013 guru-guru banyak yang mengeluh terlalu banyak penilaian.Kalau menurutku penilaian bisa cepat selesai kalau dikerjakan setiap hari cepat selesai,bukan di tumpuk kejar kebut semalaman

Semoga tulisanku ini ada yang membaca dari kalangan pejabat yang berwenang untuk menjelaskan tentang berita tersebut. Kami mohon maaf bukan mau membangkang/melawan atas keputusan dari kebijakan pemerintah tentang kemajuan pendidikan dalam mengubah kurikulum.Demi kepentingan generasi penerus,harapan bangsa agar lebih maju,kreatif,inovatif.

 

 

Views All Time
Views All Time
144
Views Today
Views Today
1
BAGIKAN
Tulisan sebelumnyaRPP Sejarah Indonesia Terlengkap
Tulisan berikutnyaLANGKA RECEH

Saya seorang guru sd dari Bandung
hobby membaca dan menulis
Kegiatan di luar pekerjaan sebagai pendidik suka mengikuti :
1.Seminar
2.Workshop
3.Diklat Tatap Muka & Online

Kegiatan tersebut yang saya ikuti yaitu :
1.Di grup Washap Literasi Jabar & Guru Pembelajar
2.Di grup Telegram dari IGI dan Trainer lain
3.Dari undangan dari Dinas Pendidikan Kota Bandung/Pemerintah Pusat

Kegiatan tersebut ada yang :
1.Free ( Gratiss )
2.Berbayar

Untuk memperlancar kegiatan yang berbayar saya menyisihkan uang tunjangan sertifikasi untuk pelatihan, kebutuhan alat penunjang seperti :
1.Laptop
2.Tab A8 dari Samsung
3.Chrome Book dari Bootcamp IGI Jabar
4.Printer
5.Kertas
6.Tinta
7. dll

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY