Berwisata air di Boon Pring Andeman Turen

0
4

Sebuah Objek wisata air yang terletak di Jalan Kampung Anyar, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Mengapa diberi nama Boon Pring? Menurut cerita Pring (Bhs.Jawa) artinya bambu, Boon Pring adalah destinasi hutan bambu. Dengan tujuan utama adalah berjalan-jalan mengirup udara bersih untuk menghilangkan kejenuhan dan kelelahan.

Minggu pagi kami bersiap-siap untuk berangkat dengan mengendarai motor menuju Desa Sanankerto dengan jarak tempuh lebih kurang dua kilometer dari rumah kami. Lalu lintas desa lancar, tidak banyak lalu lalang kendaraan yang melintas, setelah hampir sampai di tempat wisata mulai padat antrian menuju tempat parkir. Sambil melihat arloji yang saya pakai waktu menunjukkan pukul 08.30 WIB berarti perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit.

Hutan bambu yang ditanam tumbuh dengan subur di Taman Wisata Andeman ini memang kaya dengan aneka jenis tanaman bambu. Jenis bambu yang tumbuh di sini, antara lain Bambu Petung, Bambu Petung Hitam, Bambu Apus, Bambu Tutul, Bambu Ampel, Bambu Wulung, Bambu Kuning, Bambu Pagar, Bambu Budha, Bambu Amplex, Bambu Embong, Bambu Angus Tifolis, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Selain destinasi hutan bambu, wisata alam desa ini terkenal dengan panoramanya yang indah dan udara bersih serta tiupan angin membuat suasana sejuk dan nyaman, damai dan tentram. Ada kolam renang anak-anak, tempat bermain anak-anak, ada perahu kayuh yang mengitari telaga, aneka makanan khas daerah seperti aneka keripik tempe maupun buah, bakso Malang, cilok pedas, sempol dan lainya.

Mari ikut berperan serta dalam pengembangan kawasan wisata berlandaskan sistem nilai kearifan lokal dan penjualan produk wisata di Kabupaten Malang, dengan cara memperkenalkan dan menuliskan wisata-wisata lokal dari daerahnya masing-masing di seluruh Indonesia. Menambah jumlah wisatawan berarti meningkatkan devisa negara, tentunya dengan tetap memberlakukan aturan-aturan dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Tak ada daya upaya kecuali hanya dengan pertolongan Allah Tuhan Yang Maha Esa semata, karena segala ujian baik berupa wabah, malapetaka adalah cara indah Allah menguji hambanya yang dicinta. Wallahualam Bishawab…

Views All Time
Views All Time
28
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY