BIMTEK PEMBELAJARAN MATEMATIKA GURU SMP DAN MTS SE KABUPATEN TANAH LAUT

0
34

Bertempat di aula Sanggar Belajar (SKB) Pelaihari dilaksanakan bimbingan teknis (bintek) bagi  guru mata pelajaran Matematik jenjang SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan bimtek tersebut dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 8-9 Oktober 2019. Hadir dalam upacara dan sekaligus  membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Pembelajaran Matematika tersebut Bapak Sugeng, M.Pd selaku Kepala Bidang Bina Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut. Kegiatan pembukaan dilaksanakan pada Rabu,9 Oktober 2019, yang dimulai pada pukul 08.30 WITA.

Maslani, S.Pd selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian yang mewakili panitia penyelanggara menyampaikan laporan terkait kegiatan bimtek tersebut. Dalam laporannya, Maslani, S.Pd melaporkan antara lain tentang peserta yang diundang sebanyak 80 guru mata pelajaran Matematika SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut, kegiatan bimtek, dan tujuan akhir dari kegiatan bimtek tersebut, yaitu  menghasilkan modul pembelajaran mata pelajaran Matematika yang dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehari-hari, khususnya lagi dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2020 nanti.

Adapun narasumber kegiatan bimtek tersebut dari guru SMAN 1 Pelaihari, Ibu Herlena, S.Pd.I. Narasumber memberikan berbagai strategi, metode, dan model kepada peserta dalam rangka pembelajaran mata pelajaran Matematika, yang selama ini masih menjadi momok bagi banyak siswa.  Selanjutnya, setelah diberikan berbagai informasi seputar pembelajaran Matematika, dilanjutkan dengan tugas kelompok untuk menyusun modul pembelajaran Matematika.

Peserta dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan kelas dan semester. Ada kelompok kelas VII semester 1 , kelompok kelas VII semester 2, kelompok kelas VIII semester 1, kelompok kelas VIII semester 2, kelompok kelas IX semester 1, dan kelompok kelas IX semester 2. Selama dua hari peserta bimtek pembelajaran Matematik berdiskusi, bertukar pendapat, dan sebagainya dalam rangka penyusunan modul pembelajaran Matematika yang diharapkan dapat memudahkan guru mengajar dan siswa belajar.

Setelah melakukan diskusi kelompok dan menghasilkan rancangan modul yang telah disusun, kemudian setiap kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok yang lain.  Seusai memamparkan hasil kerja kelompok masing-masing, kemudian dengan bimbingan dari narasumber dikumpulkan menjadi satu modul pembelajaran sesuai dengan jenjang kelasnya masing-masing dalam bentuk fail dokumen.

Hasil kerja kelompok yang berupa fail dokumen tersebut disebarkan atau dibagikan kembali kepada semua peserta bimtek untuk dapat dicetak sesuai dengan keperluannya di sekolah.

Kegiatan bimbingan teknis pembelajaran Matematika jenjang SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut ditutup pada Kamis, 10 Oktober 2019 pada pukul 15.30 WITA oleh Maslani, S.Pd selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian. Dalam sambutannya diharapkan kepada peserta bimtek agar dapat memanfaatkan modul pembelajaran yang sudah disusun tersebut dalam proses pembelajaran di sekolah masing—asing.

Selanjutnya, dipesankan pula agar guru yang menjadi peserta bimtek tersebut dapat mengembangkan modul pembelajaran Matematika  tersebut menjadi lebih baik lagi, dan terlebih lagi menjadi sebuah buku.

Kegiatan bimbingan tekniks (bimtek) pembelajaran Matematika bagi guru SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut ditutup secara resmi pada pukul 16.00 WITA dengan bersama-sama mengucapkan ‘ hamdalah’.  Sebelum pulang,  peserta bersama narasumber dan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Maslani, S.Pd, berfoto bersama dengan latar belakang spanduk kegiatan bimtek.

 

Views All Time
Views All Time
21
Views Today
Views Today
1
Previous articlePENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERINTEGRASI ATASI BIAYA PERKUAT KARAKTER
Next articleKEMBALI, BERTIUP ANGIN SEGAR BAGI GURU HONORER
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY