BIMTEK PENULISAN SOAL TINGKAT SEKOLAH

0
18

Sebenarnya, rencana melaksanakan kegiatan bimbingan teknis atau BIMTEK penulisan soal bagi guru di SMPN 4 Pelaihari telah disiapkan cukup lama direncanakan, tetapi karena adanya kesibukan dan tidak adanya waktu luang penulis dan guru-guru sehingga kegiatan tersebut tertunda pelaksanaannya.  Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut BIMTEK penyusunan perencanaan pembelajaran atau RPP semester 12 tahun pelajaran 2016/2017 lalu.

Pelaksanaan kegiatan BIMTEK baru dapat dilaksanakan penulis selaku Kepala SMPN 4 Pelaihari pada Senin,21 Mei 2018, sebagai pertemuan pertama dari 6 (enam) kali pertemuan yang direncakan. Pada kegiatan BIMTEK penulisan soal ini diikuti 5 (lima) yang  sebagian besar guru yang dulu  sudah pernah mengikuti  kegiatan  BIMTEK penyusunan RPP.  Dari 5 (lima) guru tersebut hanya 1 (satu) yang baru diikutkan mengikuti BIMTEK.

Pertemuan pertama ini dilaksanakan pada sekitar pukul 10.00 WIT   bertempat di ruang kerja penulis. Sebelum menyampaikan maksud dan tujuan, penulis menyampaikan terlebih dulu latar belakang yang mendasari rencana BIMTEK penulisan soal ini. Menurut penulis, bahwa selama penulis menjadi editor/penyunting naskah soal ulangan umum SMP se Kabupaten Tanah Laut,  yang diterima dari guru penulis naskah soal dari 7 (tujuh)  untuk dipakai dalam kegiatan ulangan semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap) setiap tahunnya, masih banyak yang perlu diperbaiki.

Permasalahan yang sering penulis temukan pada umumnya  terkait dengan penulisan naskah soal yang dan redaksional naskah soal terkait dengan kaedah penulisan soal  yang baik.  Meskipun telah diberikan BIMTEK bagi guru penulis naskah soal yang diutus oleh masing-masing Pengurus MGMP (PAI, PPKn, IPS, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) se Kabupaten Tanah Laut, namun pada implementasinya masih ada ditemukan hal yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan soal.

Terkait dengan permasalahan tersebut, penulis merasa terpanggil dan bertanggung jawab membina dan membimbing guru di sekolah sendiri dalam hal penulisan soal, sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai kepala sekolah, yang berkaitan dengan kegiatan supervisi.  Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018, bahwa tugas dan fungsi kepala sekolah ada 3 (tiga), yaitu manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi guru dan tenaga kependidikan.

Pada kesempatan pertemuan pertama ini, penulis memaparkan juga rancangan kegiatan, materi, dan tugas selama mengikuti BIMTEK.  Dalam rencangan kegiatan penyampaian materi dilakukan dalam 2 (dua) bentuk, yaitu pertemuan secara kelompok dan secara individual/perorangan. Pertemuan secara kelompok dilaksanakan pada awal dan akhir kegiatan BIMTEK, sedangkan pertemuan individu/perorangan dilakukan secara langsung dan tidak langsung melalui online (via WhatsApp). Terkait secara online, via WhatsApp, disepakati dilaksanakan pada setiap malam sepanjang kegiatan BIMTEK , yaitu pada pukul 21.30 sampai dengan 22.30 WIT,

Setelah melalui informasi penulis dan diskusi dengan peserta, kegiatan  BIMTEK penulisan soal pertemuan pertama ini diakhiri dengan penyerahan tugas pertama kepada masing-masing guru untuk dikerjakan di rumah. Kegiatan ditutup pada pukul 11.15 WIT.

@@@@

Views All Time
Views All Time
89
Views Today
Views Today
1
Previous articlePERLUNYA KEBANGKITAN RASIONAL
Next articleHADIAH ISTIMEWA dari “NEGERI TAMBUN BUNGAI”
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY