Boring without Doing Nothing

1
6

Seringkali, ketika mengikuti seminar atau workshop, peserta cenderung mengantuk. Apalagi saat acara dilaksanakan pada siang hari selepas jam makan siang. Kondisi ini diperparah dengan pemateri yang talk more, do less. Artinya, narasumber dominan menjelaskan dari pada melibatkan peserta dalam kegiatan.

Barangkali topik yang diusung memanglah menarik, tetapi satu hal lain yang penting adalah How to Share kepada peserta. Tak jarang, speaker center yang cenderung monoton membuat audience bosan, mengantuk, dan gaduh -berbisik atau ngobrol- dengan peserta lain.

Beberapa tips yang bisa diaplikasikan sebagai solusi dalam situasi seperti ini, antara lain: (1) gunakan media dan metode semenarik mungkin; (2) libatkan peserta dalam kegiatan secara langsung semaksimal mungkin, sehingga meminimalkan untuk memberikan banyak penjelasan; (3) minta peserta untuk sharing pengalaman yang diperoleh dari setiap kegiatan yang dilakukan selama seminar atau workshop; dan (4) berikan reward kepada peserta atas usaha dan kerja keras yang telah dilakukan.

Salah satu contoh workshop yang menarik, efektif, dan komunikatif yaitu Workshop Literasi Produkstik SAGUSAKU yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Banjarmasin. Peserta begitu antusias mengikuti acara karena dilibatkan secara langsung dalam kegiatannya. Tidak hanya memeroleh teori tentang ‘menulis’ semata, tetapi juga praktik langsung dan di-publish ke blog IGI.

Semoga kegiatan seperti ini menginspirasi banyak orang dan mampu membumikan literasi kepada generasi muda bangsa Indonesia.

Salam Literasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Views All Time
Views All Time
6
Views Today
Views Today
1

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY