Bukber Ramadhan Pererat Silaturahmi

0
41

Musi Rawas, MaNews
Memasuki pertengahan bulan Ramadhan, biasanya para generasi muda dan tua mulai ramai-ramai berjanji untuk bertemu mempererat jalinan silaturahmi yang selama ini sedikit kendur dengan mengadakan acara buka bersama (bukber).

Seperti yang di lakukan para alumni tahun 2009 MAN 1 Musi Rawas di salah satu angkringan yang terletak di sebrang jalan depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Desa Tanjung, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (25/5).

Acara bukber ini tidak saja menjadi milik mereka, tetapi telah membudaya di masyarakat kita Indonesia. Sehingga para pimpinan dan pegawai di instansi-instansi lembaga pemerintah dan lembaga swasta juga melaksanakan kegiatan bukber.

Salah seorang alumni MAN 1 Musi Rawas angkatan IV tahun 2009, Dewi Eliyanti yang ikut dalam acara bukber sore Sabtu kemarin (25/5) menuturkan acara bukber yang mereka adakan ini khusus untuk rekan-rekannya angkatan 2009.

“Selama ini kami jarang bertemu oleh karena kesibukan masing-masing, tetapi kami masih saling betelponan dan chating via WA. Hari ini kami janjian untuk bukber agar silaturahmi terus terjaga,” ungkapnya

Pemilihan tempat bukber biasanya tidak menjadi persoalan. Banyak tempat-tempat yang menawarkan untuk acara bukber ini. Sementara itu Beni Akbar selaku koordinator bukber menjelasakan bahwa dipilihnya angkringan di DesaTanjung ini salah satu alasannya mudah di akses dan tempatnya luas. Selain itu tentunya pilihan menu berbuka juga banyak tersedia.

Tradisi bukber di bulan Ramadhan sejatinya merupakan semangat untuk kembali merajut dan mempererat tali silaturahmi yang dibingkai dengan suasana keakraban, kebersamaan kekeluargaan khususnya di bulan penuh berkah yakni bulan Ramadhan. (sy)

Penulis/editor : Imam Syafii (Guru MAN 1 Musi Rawas)

Views All Time
Views All Time
68
Views Today
Views Today
1
Previous articleCatatan Ramadhan: Kebahagiaan Seorang Guru
Next articleBagian 15. Buku PMS-Edisi Loksado MAKAN SIANG KATUPAT KANDANGAN DI KOTA KANDANGAN
Imam Syafii, M.Si. Guru di MAN 1 Musi Rawas Prov. Sumatera Selatan. Lahir di Desa Tebat Jaya, BK 0 (OKU Timur-Sumsel) 22 Pebruari 1978. Pendidikan dasar saya tempuh pertama kali di SDN Inpres Balikpapan Kalimantan Timur pada tahun 1984 hingga kelas 3 dan melanjutkan pendidikan dasar kelas 4 di SDN Patok Songo Kec. Buay Madang Kab. OKU Timur- Sumsel lulus tahun 1990. Kemudian melanjutkan ke MTsN Martapura Kab. OKU Timur lulus pada tahun 1993. Pendidikan menengah atas saya tempuh di Pondok Pesantrean Nurul Huda Sukaraja Kec. Buay Madang Kab. OKU Timur di MA Nurul Huda Jurusan A3 (Biologi) lulus pada tahun 1996. Saya menlanjutkan Pendidikan S1 di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru-Riau jurusan Agronomi dan meraih predikat lulusan terbaik pada tahun 2001. Setelah enam bulan menjalani profesi sebagai asisten dosen memperoleh kesempatan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Riau untuk melanjutkan Pendidikan Pascasarjana di Institut Pertanian Bogor (IPB-Bogor) masuk tahun 2002 dan lulus pada tahun 2004. Profesi guru saya jalani sejak lulus dari Bogor dengan menjadi guru honorer di MTsN 1 Muara Kelingi, di SMAN 1 Muara Kelingi, di MA Hidayatullah Muara Kelingi , SMAN Karya Sakti Kec. Muara Kelingi, MAN Muara Kelingi, SMAN 2 Muara Kelingi Kab. Musi Rawas. dI Tahun 2008 saya mendapatkan SK Bupati sebagai Guru TKS di SMAN 1 Muara Kelingi, dan di tahun 2009 kuliah kembali mengambil program Akta IV Pendidikan Biologi di Universitas Bengkulu dan pada tahun 2014 mendapatkan SK sebagai PNS di MAN 1 Musi Rawas.

LEAVE A REPLY