Cara Baru Belajar Kimia

0
176

Ponsel cerdas (smartphone) kini bukan lagi merupakan barang mewah. Perkembangannya sudah sangat luar biasa. Para pengembang smartphone terus berlomba, berinovasi menciptakan ponsel-ponsel canggih. Dengan menambah fitur-fitur baru yang makin memudahkan para penggunanya. Dan sudah pasti memicu minat masyarakat untuk segera memilikinya.

Smartphone adalah perangkat yang dapat melakukan berbagai fungsi. Masyarakat yang menuntut kecepatan akses sangat membutuhkan kehadiran ponsel canggih ini. Dengan demikian tidaklah mengherankan jika kebutuhan perangkat mobile ini semakin meningkat setiap tahunnya.

Smartphone atau perangkat mobile yang terus berkembang baik jenis maupun kecanggihannya perlu disikapi dengan bijaksana. Hal ini karena semakin banyaknya masyarakat yang memiliki dan menggunakan perangkat mobile ini sangat membuka peluang penggunaannya di berbagai bidang tak terkecuali pendidikan.

Dunia pendidikan juga mengalami kemajuan yang sangat cepat. Hal ini tentunya menuntut guru lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Memilih strategi yang lebih baik dari strategi sebelumnya. Menggunakan media pembelajaran yang lebih baik. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar di kelas. Guru telah bergeser fungsinya menjadi fasilitator. Siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran.

Tulisan ini ingin mengubah cara pandang saya pribadi terhadap kemajuan teknologi. Dengan memaksimalkan penggunaan perangkat mobile dari yang hanya sekedar untuk chatting, musik, game dan internet. Menjadi perangkat (media) yang membuat siswa dapat “belajar kimia asyik dengan smartphone”.Smartphone adalah ponsel pintar yang seharusnya membuat pemakainya menjadi ‘pintar’ atau bahkan lebih pintar.

Banyak penelitian dilakukan dalam rangka membahas pemanfaatan dan penggunaan ponsel pintar ini. Dan saya tergerak hati untuk mencobanya. Salah satu aplikasi yang menarik minat saya adalah seesaw.

Aplikasi seesaw sangat mudah diakses melalui smartphone. Dan fasilitas yang ada di dalam seesaw sangat mudah untuk dipelajari.

Fasilitas dalam seesaw

  1. Kelas digital

Guru dapat membuat sebanyak-banyaknya kelas yang diasuhnya dalam aplikasi seesaw. Siswa dapat bergabung dalam kelasnya mengikuti kegiatan seperti kelas real. Dalam kelas virtual siswa tetap dapat mengakses informasi penting dalam pembelajaran yang dikelola guru.

  1. Portopolio digital

Tugas-tugas siswa terkumpul dalam akun pribadi mereka tanpa takut tugasnya tercecer, terselip atau bahkan hilang. Sementara tidak ada bukti tanda terima. Akan tetapi dengan menggunakan seesaw semua tugas siswa terekam dengan rapi.

  1. Foto, video, file, link

Guru dapat menambahkan foto, video pembelajaran, file dan link yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas. Siswa termotivasi untuk membaca, mengunduh dan mempelajari semua tautan yang telah dibagikan oleh guru. Sehingga lambat laun akan tergeser kegiatan siswa yang kurang bermanfaat dalam penggunaan smartphone.

  1. Tes online

Pemberlakuan Ujian Nasional Berbasis Komputer seharusnya sudah dapat diantisipasi dengan cara mengadakan ulangan semester ataupun ulangan harian berbasis komputer (tes online). Hal ini baik dilakukan untuk membiasakan diri dan memotivasi para siswa.

Ulangan semester ataupun ulangan harian berbasis komputer juga  menghemat penggunaan kertas ujian. Coba hitung berapa dana yang harus dikeluarkan setiap penyelenggaraan ulangan semester yang dilaksanakan dua kali setahun. Semakin besar banyak jumlah siswa semakin banyak kebutuhan kertas, tinta, amplop juga plastik dan masih banyak yang lain.

Interaktif

  1. Siswa

Setiap siswa dapat bergabung dan berinteraksi dalam kelas virtual. Membaca file materi, menyimak video pembelajaran. Atau memahami beberapa catatan yang mungkin lebih mengena pada sebagian siswa yang cara belajarnya santai, tidak tegang saat di kelas. Beban psikologis bertemu dengan guru ‘galak’ seperti saya dapat dikurangi.

  1. Guru

Guru lain juga dapat diundang dalam kelas yang dikelola.

  1. Orangtua

Kemajuan dan keberhasilan siswa juga dipengaruhi oleh peran serta aktif para orangtua. Perhatian dan pendampingan selama siswa berada di rumah sangat berpengaruh terhadap psikologisnya. Dengan bergabungnya para orangtua siswa dalam kelas virtual juga dapat mengingatkan dan memeriksa setiap kegiatan putra-putrinya.

Keberhasilan setiap rencana terletak pada konsistensi dan disiplin. Konsisten untuk terus belajar memperbaiki kekurangan dan menjaga setiap keberhasilan dengan disiplin. Tidak takut akan kegagalan karena yang terpenting adalah telah mencoba.

 

Views All Time
Views All Time
298
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY