Air Zamzam adalah air barokah yang memiliki khasiat sesuai dengan yang diniatkan oleh yang meminumnya.  Air tersebut hnya ada di Makkah Arab Saudi.  Tentu air tersebut menjadi hal yang salahsatu barang primadona yang harus dibawa oleh jamaah haji maupun jamaah umroh.
Cuma prmasalahannya adalah dilarang membawa air zamzam oleh pememrintah bagi jamaah haji berlebihan terutama dilarang menaruhnya di dalam kopor atau di jinjingan secara berlebihan. Jamaah haji akan diberikan oleh pemerintah dalam hal ini kementerian agama setempat setelah sampai di tanah air.
Tip untuk membawa air zamzam lebih banyak di dalam jinjingan (tas tentengan dan tas kalung jamaah haji dengan aman adalah : Masukkan air zamzam kedalam zerigen 5 liter boleh maksimal 3 zerigen kapasitas 5 literan.  Kemudian zerigen di lakban coklat dengan baik dan rapat terutama di bagian penutupnya.  Setelah itu lapisi zerigen tersebut dengan aluminium poil ( banyak dijual di toko-toko di Makkah, harganya 5-10 riay per gulung.  Setelah itu masukkan ke dalam tas jinjingan dan dilapisi oleh pakaian atau lebih baik handuk/ yang menyerap air, untuk menjaga bila air ada netes atau tutup kurang rapat.
Saya rekomendasikan zerigen 5 liter dan hanya untuk tas tenteng (jinjingan) karena gampang untuk dikontrol oleh pemiliknya karena dapat di bawa ke kabin pesawat.  Jangan taruh air apapun di dalam sahara atau kopor besar di bagasi karena dikhawatirkan terjadi kebocoran dn membahayakan penerbangan.  Benda-benda tajam dan berbahan metal dan besi agar ditaruh di dalam kopor (sahara leboh aman dari metal detector)
Untuk di dalam tas kalung cukup dengan tiga botol akua kecil yang dilapisi dengan aluminium poil.  Dilapisi dengan aluminium poil agar tidak terdeteksi saat pemeriksaan.  Dan tentu selalu berdo’a kepada Allah SWT.

Views All Time
Views All Time
250
Views Today
Views Today
2
BAGIKAN
Tulisan sebelumnyaMakam Rasulullah SAW dan Raudah
Tulisan berikutnyaUntuk Jamaah Haji Gelombang II
Drs. M. Kholil, guru di MAN 1 Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sejak tahun 1992 dan membina mata pelajaran PPKn. Fasilitator PPKn 2009, mengelola beberapa blog pendidikan (http://k-2013.blogspot.co.id- http://halil-materipkn.blogspot.co.id-http://jurnaldiknas.blogspot.co.id), dll

LEAVE A REPLY