CARA MUDAH MEMBUAT EVALUASI DI GOOGLE

5
895

Bagi siapa saja yang telah memiliki akun di google tentu mendapatkan kemurahan berupa fasilitas penggunaan secara gratis sebesar 15 GB. Sangat disayangkan apabila fasilitas tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah pemberian layanan untuk test online, namun tidak setiap pengguna dapat memanfaatkannya, karena membutuhkan keterampilan dan kemampuan khusus. Setelah bertahun-tahun mempelajarinya penulis akhirnya mampu membuat sendiri test online dengan memanfaatkan google drive.
Tentu saja sangat senang, karena impian untuk bisa memberikan ulangan harian secara online dapat terpenuhi, soal-soal yang disajikan sesuai dengan yang diinginkan atau sesuai kebutuhan. Berbeda ketika memberikan ulangan harian/ latihan soal melalui layanan test online free, karena tergantung pada fasilitas yang ada dan tidak dapat melakukan update sendiri. Dari sekian banyak layanan test online free, penulis baru menemukan satu yang dapat memberikan kesempatan untuk mengupdate dan menyusun sendiri soal-soal test, yaitu di Google Drive.Sebenarnya google telah memberikan kemudahan bagi penggunanya, test online dapat dibuat sendiri dari penyusunan soal sampai dengan analisis nilai hingga update nilai, sehingga siswa yang mengerjakan dapat mengetahui perolehan nilai yang. Melalui postingan ini diharap dapat memberikan informasi bagi para pembaca, khususnya kalangan guru yang sering menggunakan alat evaluasi. Sebelum ini penulis beranggapan bahwa google drive hanya menyediakan layanan free sampai menulis soal saja, tetapi ternyata setelah berbagi pengalaman dengan teman ternyata layanan test online sampai dengan penilaian.
Untuk mempermudah penyampaian informasi penyusunan test online dikelompokkan menjadi 3 bagian (tahap), yaitu :
a. Cara menulis soal di google drive
b. Cara membuat kunci jawaban dan penilaian
c. Cara melakukan update nilai agar dapat dilihat hasilnya oleh siswa yang mengerjakan di internet. Dalam hal ini penulis menggunakan blog untuk mempublish test online beserta penilaiannya.
1. Cara Menulis Soal di Google Drive
Sebelum membuat soal terlebih dulu memiliki akun di google, klik Baru (New), pilih google formulir (Google Form) seperti pada gambar berikut:

Langkah selanjutnya bagian identitas dan soal test pada google formulir. Pada penulisan identitas dengan menggunakan format judul pertanyaan dan format jawaban berbentuk teks, sedangkan untuk soal pilihan ganda menggunakan format berganda. Lihat gambar berikut :

Langkah berikutnya adalah cara mempublish dengan melalui blog.
Cek terlebih dulu sebelum soal dipublish, setelah benar-benar yakin bahwa soal tersebut sudah valid maka klim tombol kirim di bagian kiri bawah atau di sebelah kanan atas. Lihat gambar berikut :

Pilih sematkan untuk menampilkan kode yang akan disematkan melalui blog. Kode sematan dicopy, tempelkan di postingan baru pada bagian html, bukan compose. Untuk lebih jelasnya lihat video tutorialnya pada : https://www.youtube.com/watch?v=bovCg436NA4

2. Cara Membuat Kunci Jawaban dan Penilaian
https://www.youtube.com/watch?v=gfVwW7f7Hsw

3. Cara Melakukan Update Nilai
https://www.youtube.com/watch?v=MkMc_NLlpr0

4. Analisis nilai ulangan harian
Dalam melaksanakan kegiatan penilaian guru tidak hanya melaporkan nilai yang ulangan harian saja tapi dilaporkan juga analisis ulangan harian kepada kepala sekolah. Kegiatan analisis dalam kegiatan ini guru tidak perlu menganalisis satu persatu masing-masing siswa, karena telah dianalisis dengan memanfaatkan rumus-rumus excel. Berikut contoh analisis pekerjaan siswa pada sebuah kelas yang telah selesai mengerjakan ulangan harian (tes online) :

Jangan lupa kunjungi :

  1. CARA MEMBUAT KARTU PELAJAR DENGAN WORD
  2. ULANGAN HARIAN ONLINE

 

Views All Time
Views All Time
1032
Views Today
Views Today
1
Previous article23 Agustus Rasa 17-an
Next articleKEMAMPUAN GURU MEMILIH METODE PEMBELAJARAN
Lahir di Kebumen, Jawa Tengah. Pendidikan S1 IKIP Semarang. Kota singgah : Kebumen (1982-1985), Bogor (1981), Semarang (1986-191), Jakarta (1985, 1992), Lampung (1985) Bengkulu (1991), Makasar, Balikpapan, Tarakan, Bulungan (Kalimantan Timur 1991), Malang (2017), Yogyakarta (2018). Adventure : 1. Hutan lindung Bengkulu 1991, Sepeda motor pulang pergi : Purbalingga-Jakarta (2002), Purbalingga-Bandung (2012-2016), Purbalingga-Semarang (2012-2018), Mengelilingi Gunung Slamet melalui Pratin - Guci - Bumi Jawa- Bumi Ayu- Baturaden - Purbalinga - Pratin.(2017). Mengajar tahun 1985 di SD Kretek 1 Kebumen (1985), SMP Muhamadiyah Ayah, Kebumen (1986), SMP PGRI Sempor, Kebumen1993-1995), SMP N 2 Bukateja (1996-2014), SMK N1 Bukateja, Purbalingga ( 2014-sekarang).

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY