CARA MEMBUAT ULANGAN HARIAN DENGAN MS EXCEL

1
836
Evaluasi Digital adalah sebuah aplikasi penilaian/ ulangan harian yang memanfaatkan perngkat komputer /CBT (Computer Basic Test). Tujuan disusunnya aplikasi tersebut adalah untuk membantu meringankan  dan mempermudah pekerjaan guru.
Karena kegiatan evaluasi merupakan salah satu pekerjaan guru yang banyak menyita waktu, terutama pada tahapan analisis nilai.

Aplikasi tersebut disusun sedemikan rupa sehingga guru yang menggunakan tidak perlu lagi bersusah payah berpikier, karena keperluan evaluasi mulai dari pengisian identitas, sampai dengan analisis soal, dan analisis nilai dapat dilakukan secara otomatis.

Sebagai user guru cukup menuliskan identitas, soal, kunci jawaban beserta pembahasan pada satu lembar kerja yan gtersedia. Begitu juga bagi siswa sebagai user hanya tinggal memasukkan nomor induk saja untuk dapat mengerjakan soal-soal ulangan harian.  Aplikasi tersebut bagi siswa juga menguntungkan, karena mereka akan mengetahui prestasi yang dicapai setelah selesai mengerjakan soal, bahkan dapat melakukan remidial sendiri ketika nilai yang dicapai belum mencapai KKM.
A. Manfaat Penggunaan Evaluasi Digital :
1. Meringankan pekerjaan guru, semua tugas guru yang berhubungan evaluasi dapat terselesaikan secara otomatis, yaitu :
  • Menyusun soal dan kunci jawaban
  • Melakukan analisis soal agar evaluasi yang disajikan pada siswa memiliki validitas yang baik
  • Guru cukup menuliskan sekali saja tentang : identitas ( nama, NIP, Kepala Sekolah, tanggal, KD, kelas, dan semester.
  • Guru tidak perlu mengoreksi pekerjaan siswa, karena telah dikoreksi secara otomatis oleh Evaluasi Digital.
  • Guru tidak perlu melakukan analisis nilai, karena telah dianalisis secara otomatis oleh Evaluasi Digital
  • Pemanfaatan waktu untuk mengajar menjadi lebih efektif, apabila Evaluasi digital dikerjakan di luar jam pelajaran (dibawa pulang siswa)
  • Ketika guru harus melaporkan hasil belajar kepada orang tua/ wali, maka Evaluasi Digital telah mempersiapkan untuk dicetak dalam bentuk penghargaan, dimana piagam tersebut ditandatangani orang tua, kemudian dikumpulkan kembali kepada guru yang bersangkutan.
2.  Meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik, antara lain :
  •  Memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar lebih intensif, karena dengan adanya pembatasan waktu dan soal disusun secara acak, sehingga mereka tidak memiliki kesempatan untuk mencontek.
  • Siswa dapat mengetahui secara langsung prestasi yang dicapai setelah selesai mengerjakan soal, tanpa harus menunggu koreksi dari guru.
  • Merupakan implementasi pembelajaran berbasis IT.
3.  Mengurangi pengeluaran (anggaran) bagi sekolah, antaa lain :
  • Tindakan efisiensi kertas dan alat tulis lainnya, ketika evaluasi menggunakan kertas, minimal menghabiskan 4 lembar kertas setiap siswa, yaitu untuk naskah soal dan lembar jawab. Bisa dibayangkan berapa rim kertas yang dibutuhkan untuk kegiatan evaluasi pada suatu sekolah dalam satu semester.
  • Apabila banyak  guru yang menggunakan aplikasi tersebut maka sekolah sangat diuntungkan, terutama pengadaan kertas. Dana pengadaan kertas dapat dialihkan untuk pengadaan hardware (komputer).

Demikian sekilas tentang manfaat Aplikasi Evaluasi Digital. Materi selanjutnya akan dibahas pada  Cara membuat Evaluasi Digital Bagital 2

Views All Time
Views All Time
592
Views Today
Views Today
1
Previous articleMUNGKINKAH BERANTOLOGI???
Next articleTujuh Jam Bersama Sagusaku
Lahir di Kebumen, Jawa Tengah. Pendidikan S1 IKIP Semarang. Kota singgah : Kebumen (1982-1985), Bogor (1981), Semarang (1986-191), Jakarta (1985, 1992), Lampung (1985) Bengkulu (1991), Makasar, Balikpapan, Tarakan, Bulungan (Kalimantan Timur 1991), Malang (2017), Yogyakarta (2018). Adventure : 1. Hutan lindung Bengkulu 1991, Sepeda motor pulang pergi : Purbalingga-Jakarta (2002), Purbalingga-Bandung (2012-2016), Purbalingga-Semarang (2012-2018), Mengelilingi Gunung Slamet melalui Pratin - Guci - Bumi Jawa- Bumi Ayu- Baturaden - Purbalinga - Pratin.(2017). Mengajar tahun 1985 di SD Kretek 1 Kebumen (1985), SMP Muhamadiyah Ayah, Kebumen (1986), SMP PGRI Sempor, Kebumen1993-1995), SMP N 2 Bukateja (1996-2014), SMK N1 Bukateja, Purbalingga ( 2014-sekarang).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY