Cara Mengatasi Double Job atau Lebih Dua Tugas

0
15

Mengatasi masalah kerja saat PANDEMI COVID-19.

Banyak tugas dan tanggungjawab bukan masalah atau alasan pendidik?! “Cari cara agar mudah dan tidak putus belajar anak-anak disekolah”

Doble job atau lebih dari satu tugas di kantor bukan hal yang ruwet lagi bagi pekerja yang berfokus pada jenjang karier. Justru ini merupakan kesempatan peluang untuk mengasah sumber daya diri dalam setiap jenis pekerjaan yang memang belum ada sumber daya dikantor atau ditempat bekerja.

Terutama bagi pemuda-pemudi yang umurnya masih produktif dan mampu secara fit, fisiknya itu melaksanakan lebih dari satu pekerjaan atau malah sampai tiga atau sampai lima pekerjaan sekaligus. Dan hal ini kalau tidak di menej secara baik maka akan berdampak pada kesehatan yakni STRESS dalam menyelesaikan tugas-tugas yang bejibun itu.

Dalam satu hari penuh maksimal 8jam kerja mulai dari jam 08.00pagi s/d 17.00sore, ditambah lembur yang jamnya itu diatas jadwal kerja yang disesuaikan dengan padatnya tugas pekerjaan yang pokok utama hendak diselesaikan.

Misalnya anda memiliki tugas pokok pekerjaan kantor yang harus diselesaikan segera, maka selesaikanlah pekerjaan pokok anda dulu, kemudian baru anda bisa menyelesaikan tugas-tugas tambahan lainnya. Memang terdengar terkadang banyak yang berkeluh tak cukup waktu untuk melaksanakan atau mengerjakan dua atau tiga pekerjaan sekaligus.

Walau demikian hal tersebut dapat anda atasi dengan membuat roster atau timeline progress atau tingkatan yang menampilkan pekerjaan yang telah anda selesaikan dari waktu ke waktu, dan hal ini dapat memudahkan anda dalam mencapai kerja yang maksimal.

Apalagi zaman yang semakin canggih sekarang ini dapat memudahkan anda dalam menyelesaikan berbagai urusan dalam pekerjaan sesuai masing-masing bidangnya. Kecuali yang menyangkut dengan penyelamatan darurat segera atau urgent artinya bidang kerja Dokter.

Contoh; Saya bekerja di sekolah sebagai TATA USAHA (administrasi) dan juga Guru Bantu (mengajar bidang teknologi) kepada siswa. Disamping itu saya juga bekerja sebagai Regional Sale untuk penjualan atau pemasaran Jaringan Internet VSAT. Dan juga disela hari-hari menyempatkan diri untuk menulis karena memang saya hobi nulis.

Nah.. yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana saya menyelesaikan urusan saya itu dalam waktu fulltime selama satu hari penuh?!

yang saya lakukan sebelum saya bekerja itu adalah mengumpulkan data untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan tanggungjawab saya itu, seperti;

1. Membuat jadwal/timeline sesuai dengan roster pekerjaan di kantor

2. Mengumpulkan lembaran kerja atau form yang dipakai setiap hari untuk bekerja dalam hal ini urusan tata usaha lebih banyak adalah entri data atau surat menyurat.

3. Tugas guru membimbing siswanya agar mencapai misi dan visi di sekolah yakni dalam hal ini guru dituntut untuk bisa da mampu mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan baik tingkat pusat maupun tingkat daerah dalam hal ini kelulusan UN dan UAS.

4. Menjual produk seperti pemasaran pemasangan jaringan VSAT ini, paruh waktu setengah hari itu saya mencari pelanggan dengan berkeliling kesetiap wilayah untuk mendapatkan pelanggan.

5. Semua tugas saya itu telah saya rangkum dalam sebuah aplikasi website dalam bentuk form-form untuk meringankan tugas pekerjaan saya dalam setiap harinya itu.

Justru kemajuan teknologi mempermudah kita dalam bekerja untuk mencapai apa-apa yang hendak kita capai dalam menyelesaikan pekerjaan dalam bidang karier. Toh.. yang menjadi tanda tanya gimana ini dapat dilakukan oleh satu orang, padahalkan itu sudah diluar kemampuan?!, betul itu pepatah mengatakan bahwa “ada kemauan pasti ada jalan”.

Tak selamanya mendung itu gelap terus pasti ada cerahnya.

Saya melakukan itu semua dengan cara membuat website sekolah yang di dalamnya itu ada dokumen atau file yang mendadak jika diperlukan langsung saya bisa mengerjakan diluar sana, seperti mengeluarkan Surat Sekolah contoh misal ini klik website sekolah yang sudah lengkap saya buat dengan absen, dan tugas tata usaha dalam skala database , saya langsung unduh dan mengeditnya ditengah pekerjaan saya yang lain, memang ribet tapikan setidaknya mampu ditangani dan diatasi jika diperlukan.

Terus selanjutnya untuk tugas guru, saya membuat elearning untuk anak-anak bisa belajar dengan tanpa atau tidak tatap muka di masa pandemi covid-19 ini, berikut klik elearning untuk sekolah yang saya sedang ajarkan dalam materi dan praktek simulasi teknologi disekolah.

Kemudian bagaimana dengan pekerjaan produk pemasaran jaringan VSAT, nah.. ini dia pekerjaan yang sangat membutuhkan stamina prima, artinya setelah mencari pelanggan berkeliling ke setiap luar kota yakni daerah pemukiman masyarakat yang tidak mendapat jaringan internet ini, saya mencoba tawarkan produk VSAT ini, setelah pendataan barulah saya entri ke sistem database online yang juga telah saya buat seperti klik sistem website database INTECH INDONESIA.

Nah selanjutnya gimana cara menghadapi atasan jika diminta untuk mengerjakan tugas yang lebih dari satu?!,

Begini, layangkan surat resmi untuk permintaan tambah gaji, atau lebih baik lagi ngomong langsung dengan atasan anda, bahwa pekerjaan yang dilakukan ini membutuhkan tambahan rupiah untuk akomodasi atau tambahan jam lembur untuk bekerja dirumah, berbicara yang sopan dan baik kepada atasan anda, pasti atasan anda mengerti dan paham tentang hal penambahan kerja itu, karena banyak sebahagian atasan juga pernah mengalami hal yang sama yaitu ditimbunnya tugas oleh atasan pada tempoe masa doeloe.

Mudah-mudahan penulisan artikel singkat ini menjadi daya tarik, inspirasi, bermanfaat, yang memiliki keunikan pola penyelesaian solusi masalah dalam keseringan banyak orang mendapatkan masalah seperti doble job atau lebih dari dua pekerjaan di tempatnya.

11-08-2021. Penulis. Junirullah

Views All Time
Views All Time
32
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY