CARA MENYIMPAN ARSIF TULISAN DALAM BENTUK BARKODE

0
196

Menyimpan tulisan sendiri atau orang lain  yang terdapat di akun/laman blog.website, internet,dan sebagainya  dengan bentuk barkode semakin mudah. Kemudian, untuk membaca kode barkode tersebut dapat pula dengan mudahnya ditindai dengan menggunakan handphone yang memiliki aplikasi penindai barkode.

Adapun langkah-langkah untuk menjadikan tulisan atau dokumen lainnya yang ada pada laman atau akun blog, website, internet,dan sebagainya  menjadi bentuk barkode adalah sebagai berikut. Pertama. Masuk ke akun atau laman yang ada tulisan atau dokumen lainnya. Misalnya, https://blog.igi.or.id/demi-unbk-sekolah-terpaksa-pinjam-laptop-siswa.html.

Kedua. Salin atau copy  alamat akun atau laman yang berisi tulisan atau dokumen lainnya.

Ketiga. Setelah akun atau laman yang ada tulisan atau dokumen disalin atau copy, maka selanjutnya alamat akun atau laman tersebut dihapus. Keempat. Sesudah dihapus lalu diganti dengan menulis pada akun atau laman tersebut ‘gg.gg’. Kelima. Klik gg.gg, hingga muncul ‘URL shortener’  yang berisi kolom untuk diisi dengan alamat akun atau laman yang sudah disalin atau copy sebelumnya.

Keenam. Isi kolom dari ‘URL Shotener’ dengan memasukkannya alamat akun atau laman yang sudah disalin atau copy sebelumnya. Misalnya, https://blog.igi.or.id/demi-unbk-sekolah-terpaksa-pinjam-laptop-siswa.html.

Ketujuh. Klik Shorten URL , hingga muncul kolom ‘Excellent! Copy Your Shortened URL’. Kedelapan. Klik ‘ QR  Code For This Link’ hingga muncul gambar barkode. Kesembilan. Klik kanan pada gambar barkode tersebut, dan pilih ‘simpan gambar dengan nama…

‘. Kesepuluh. Simpan gambar barkode tersebut pada tempat yang diseediakan dalam fail dokumen komputer atau laptop, selanjutnya dapat dicetak atau print.

Demikian beberapa langkah cara menyimpan atau mengarsifkan tulisan atau dokumen lainnya dalam bentuk barkode menurut versi penulis. Semoga bermanfaat.

Views All Time
Views All Time
62
Views Today
Views Today
1
Previous articleBagian 110. Mengikuti Workshop Penyusunan DPA-2019
Next articleALHAMDULILLAH 40 CERMIN SD SIMPANG TIGA SIAP DIBUKUKAN EDITOR :JUWITA
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY