TERNYATA, PERUBAHAN ITU BENAR ADANYA. Bagian 3. Berani Bersumpah, Berani Melangkah

0
20

Ternyata langkah penulis dalam meniti karir sebagai guru terhenti sejenak atau rehat di tempat yang tidak jauh dari jalur sebelumnya, karena ternyata dunia pendidikan itu luas lahan pengabdiannya. Perlahan tapi pasti, jalur baru pun mulai ditapaki, meski belum banyak punya bekal dan nyali, namun sumpah sudah terucap dan kaki pun harus berani melangkah. Doa dan dukungan semangat dari keluarga, sahabat, dan rejan sejawat menjadi motor dan bahan bakar penyemangat.

Mulai terlihat jalur yang baru ditapaki, nun jauh di sana ada ruang gelap, ada sinar yang cerah di sisi lainnya, tinggal kita yang menentukan pilihannya. Hitam putih itu sudah diciptakan oleh Allah Subhanahu wata’ala,  dan kita pun diberikan-Nya akal pikiran dan hati nurani untuk memilihkan, pilih hitam atau pun putih. Hanya saja, dalam menentukan pilihan tersebut, banyak godaan sana dan sini, atas dan bawah, kiri dan kanan, serta dari berbagai arah mata angin.

Pada sisi lain, penulis masih belum dapat menghilangkan kenangan panjang dalam jalur lama yang dialihkan secara mendadak. Tidak ada yang mudah dilupakan, apalagi dialihkan dalam kondisi mendadak alias spontan, tanpa informasi, apalagi diskusi lebih dulu. Jalur sudah berubah dan berpindah, maka tidak elok kiranya dilawan apalagi dibantah. Guru merupakan profesi utama dan pertama yang mengantarkan penulis dapat ikut menuangkan setitik tinta pena dalam pengabdian dalam mencerdaskan anak bangsa yang tercinta.

Kini, profesi guru dialihkan dalam jalur yang berbeda dalam bidang pengabdiannya. Fakta tidak dapat dibantahkan begitu saja, meski terasa dada terasa sesakyang dirasakan. Namun, sumpah sudah diucapkan, maka niat  segera diluruskan, serta langkah pun harus ditegakkan. Sekali diberikan kepercayaan memegang amanah, tidak ada dalam kamus dalam jiwa ini untuk membantah, amanah harus dijalankan sesuai kemampuan. Pantang memainta, namun jika diberikan amanah akan berusaha dengan sekuat tenaga, segenap daya, dan sebatas kemampuan yang ada.

Sumpah sudah diucapkan, kepercayaan sudah diserahkan, amanah di pundak harus dilaksanakan. Jalankan tugas dengan penuh dedikasi bukan karena ambisi. Hari-hari selanjutnya harus segara diisi, dibenahi, dan berprestasi, karena hasil tidak pernah mengingkari terhadap jerih payah dan upaya yang sepenuh hati. Hanya kepada-Mu, ya Allah, hamba meminta dan berpasrah diri.

###curhat2019###

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1
Previous articleTERNYATA, PERUBAHAN BENAR ADANYA. Bagian 2. Pintu Masuk pun ke Jalur Lain Terbuka
Next articleTERNYATA, PERUBAHAN ITU BENAR ADANYA. Bagian 4. Menguatkan Hati, Meneguhkan Bakti
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY