CATATAN AUDIENSI MKKS SMP DENGAN DPRD TANAH LAUT. Bagian 1. Konsilidasi Sebelum Audiensi

0
24

Sebelum melakukan audiensi dengan DPRD Tanah Laut pada Senin, 20 Agustus 2018, Pengurus dan anggota MKKS SMP Tanah Laut yang akan mengikuti audiensi melakukan konsulidasi di SMPN 2 Pelaihari. Kegiatan konsilidasi Pengurus dan anggota MKKS SMP Tanah Laut dilaksanakan pada Senin, 20 Agustus 2018, pada pukul 10.30- 12.00 WIT, yang dihadiri oleh 12 (duabelas) Penasehat, Pengurus dan ditambah dengan beberapa kepala sekolah yang dianggap sebagai perwakilan dari kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Penulis bertindak selaku pembawa acara/ moderator dari kegiatan konsulidasi tersebut. Sebelum dilakukan konsolidasi, Agus Darmadi, M.Pd, selaku Ketua MKKS SMP Tanah Laut memberikan gambaran tentang maksud dan tujuan konsulidasi ini, yaitu untuk menyatukan persepsi dan kesepahaman sebelum kegiatan audiensi dengan anggota DPRD, khususnya Komisi II dan III DPRD Tanah Laut. Selesai kata pengantar dari Ketua MKKS SMP Tanah Laut tersebut,  penulis kemudian menyampaian konsep pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan dalam audiensi dengan DPRD Tanah Laut tersebut.

Sebelum menyampaikan konsep pokok pikiran yang akan disampaikan ke DPRD tersebut, penulis menginformasikan secara singkat kronologis mengapa ada kegiatan audiensi dengan dewan tersebut. Sebenarnya, upaya untuk melakukan audiensi tersebut sudah lama direncanakan, namun karena adanya kesibukan dan sebagainya, sehingga baru hari ini dapat dilaksanakan.  Pihak DPRD Tanah Laut sudah memberikan persetujuan untuk pelaksanaan audiensi pada Senin, 20 Agustus 2018 pada pukul 13.00 WIT.

Ada beberapa konsep pokok pikiran yang akan disampaikan dalam kesempatan audiensi dengan DPRD Tanah Laut, khususnya Komisi II dan III, yang memiliki keterkaitan dengan apa yang akan disampaikan. Konsep pokok pikiran tersebut dibahas dan dimatangkan terlebih dulu dalam pertemuan konsulidasi Pengurus dan anggota MKKS SMP Tanah Laut, termasuk siapa yang akan membacakan pokok-pokok pikiran yang sudah disepakati tersebut.

Setelah berlangsung kegiatan konsulidasi selama kurang lebih 1(satu) jam, maka sekitar pukul 12.00 WIT sudah dapat diputuskan dan disepakati pokok-pokok pikiran yang akan dibawa dalam kegiatan audiensi dengan DPRD Tanah Laut, dan demikian pula penunjukan penulis untuk nantinya menyampaikan atau membacakan pokok pikiran dari MKKS SMP Tanah Laut yang berkaitan dengan dunia pendidikan di Kabupaten Tanah Laut. Hasil kesepakatan yang berkaitan pokok pikiran yang akan disampaikan dengan DPRD Tanah Laut hanya sedikit ada perubahan dari konsep awalnya, yaitu terkait dengan prioritas atau hal utama yang disampaikan atau diusulkan, sedangkan materi atau esensinya tidak terlalu banyak perubahan.

Dengan telah disepakatinya beberapa pokok pikiran yang disampaikan ke DPRD Tanah Laut, maka kegiatan konsulidasi telah selesai, dan selanjutnya persiapan untuk berangkat ke DPRD Tanah Laut yang jaraknya tidak jauh dari lokasi SMPN 2 Pelaihari. Sebelum ke DPRD Tanah Laut, seluruh peserta konsulidasi melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah di musolla SMPN 2 Pelaihari.

 

###1114###

Views All Time
Views All Time
174
Views Today
Views Today
1
Previous articleMengubah Android Menjadi Papan Tulis Interaktif
Next articleCATATAN AUDIENSI MKKS SMP DENGAN DPRD TANAH LAUT. Bagian 2. Kegiatan Audiensi dengan DPRD Tanah Laut-1
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY