CATATAN BERBAGI DENGAN GURU UPTD SMPN 1 BATU AMPAR

0
21

Memenuhi undangan dari Kepala UPTD SMPN 1 Batu Ampar, Nomor 421.3/242/ SMPN 1 Batam/X/2019 tertanggal  4 Oktober 2019, perihal permohonan izin narasumber, maka penulis pun datang ke sekolah tersebut. Penulis diminta untuk memberikan materi pada workhop inovasi pembelajaran yang dilaksanakan pada Sabtu, 5 Oktober 2019, di ruang multimedia UPTD SMPN 1 Batu Ampar.

Penulis berangkat dari rumah di Pelaihari, Ibukota Kabupeten Tanah Laut ,ke UPTD SMPN 1 Batu Ampar dengan membawa mobil sendiri pada sekitar pukul 09.15 WITA.  Setelah menempuh waktu sekitar 25 menit, dengan jarak dari Pelaihari ke Batu Anpar sekitar 15 km, maka penulis sampai di tujuan sekitar pukul 09.45 WITA. Saat itu, sekolah tersebut masih melaksanakan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PAS), sehingga kegiatan workshop tersebut dilaksanakan seusai kegiatan PAS tersebut.

Sebelum menyampaikan materi tentang inovasi pembelajaran, penulis bersilaturrahim dengan guru dan Kepala UPTD SMPN 1 Batu Ampar, Agus Darmadi, M.Pd, yang juga merupakan Ketua MKKS UPTD SMP Kabupaten Tanah Laut. Sambil menunggu persiapan kegiatan, penulis berbincang-bincang dengan Agus Darmadi, M.Pd tentang banyak hal, salah satunya tentang perkembangan sekolah yang dipimpin oleh Agus Darmadi, M.Pd tersebut yang baru saja mendapatkan hasil penilaian akreditasi sekolah dengan nilai A.

Selanjutnya, penulis memasuki ruang multimedia UPTD SMPN 1 Batu Ampar untuk berbagi dengan rekan-rekan guru dalam kegiatan workshop inovasi pembelajaran. Seusai sambutan dari Agus Darmadi, M.Pd selaku Kepala UPTD SMPN 1 Batu Ampar, maka giliran penulis menyampaikan informasi tentang inovasi pembelajaran dengan menggunakan tayangan powerpoin yang sudah disiapkan sebelumnya. Saat itu waktu menujukkan pukul 10.15 WITA.

Selain menyampaikan materi tentang inovasi pembelajaran secara teoritis dan  umum, penulis juga menyajikan contoh hasil inovasi pembelajaran penulis sendiri yang pernah diikutsertakan sebagai peserta workshop inovasi pembelajaran tingkat nasional pada tahun 2016 lalu di Bogor. Setelah penyampaian materi , maka kegiatan selanjutnya tes akhir dengan menggunakan aplikasi Kahoot.com, dan peserta menjawab soal yang diberikan dengan menggunakan handphone android  masing-masing dengan aplikasi kahoot.it.

Ada sepuluh butir pertanyaan yang sudah penulis siapkan untuk kegiatan tes akhir tersebut, dan bagi peserta yang mendapatkan nilai tertinggi atau juara, penulis juga sudah menyiapkan hadiah khusus. Penulis sudah menyediakan sebuah buku yang berjudul “ Model Pembelajaran Ala MAS (Mandiri, Aktif, Santai)” karya penulis sendiri. Dalam buku tersebut terdapat karya inovasi pembelajaran penulis yang pernah dilaksanakan sejak tahun 1996 hingga sekarang.

Kemudian, penulis juga membuka sesi tanya jawab dengan peserta yang menghadiri kegiatan tersebut. Ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan sekitar materi inovasi pembelajaran dan penulisan karya tulis inovasi pembelajaran tersebut. Kegiatan workshop inovasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh UPTD SMPN 1 Batu Ampar sebagai bagian dari pelaksanaan Program PMP (Pengelolaan Mutu Pendidikan) sekolah tahun 2019 berakhir sekitar pukul 12.30 WITA.

 

Views All Time
Views All Time
12
Views Today
Views Today
1
Previous articleTERNYATA, PERUBAHAN ITU BENAR ADANYA. Bagian 4. Menguatkan Hati, Meneguhkan Bakti
Next articleHari Perdana Nyampah Kelemak Siswa MTsN 3 Mataram
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY