CATATAN BIMBINGAN ONLINE WORKSHOP MENULIS ARTIKEL II-2018 Bagian 23. Pembahasan dan Diskusi tentang Kebuntuan Mencari Ide Tulisan-3

0
8

Masih melanjutkan kegiatan kegiatan bimbingan online bagi peserta Workshop Menulis Artikel II-2018 yang dilaksanakan  oleh IGI Tanah Laut, pada Selasa, 28 Agustus 2018, yang dimulai pada  pukul 19.08 WIT.  Kemudian, Kalimatuth Thoiyibah menanggapi pesan Edy Nugroho, dengan mengirim pesannya pada pukul 19.29 WIT, yang isinya “  Lali p edy “. Taufik Nor juga menanggapi kiriman Kalimatuth Thoiyibah, yang mengirim pesannya pada pukul 19.30 WIT, yang isinya “  penggunaan kata sudah runtut, mohon kirim dengan format word ya bunda Alim  “.

Penulis juga menanggapi kiriman Kalimatuth Thoiyibah, dengan mengirim pesan pada pukul 19.30 WIT, yang isinya “  Mantap bu,  dan lebih mantap lagi jika diberikan judulnya apa? Nanti ibu kirim failnya ke WA ini dalam bentuk dokumen  “, lalu Kalimatuth Thoiyibah menanggapinya dengan mengirim pesan pada pukul 19.30 WIT, yang isinya “  Wahaha judule lupa 🙈 “, dan pukul 19.31 WIT, yang isinya “  Siap pak makasih “, dan “ Siap “ . Kemudian, Taufik Nor menanggapi kembali kiriman Kalimatuth Thoiyibah pada pukul 19.32 WIT, yang isinya “  mantap bu, kami tunggu judulnya “. Lalu, tidak berapa lama kemudian, Kalimatuth Thoiyibah  mengirim pesan, pada pukul 19.33, yang isinya “ Judulnya masih sama pak ” MEMBANGUN BERSAMA ALUMNI“.

Kemudian, penulis melanjutkan menyampaikan materi bimbingan online tentang kegaulauan guru mencari ide dan menulis artikelnya, dengan mengirim pesan pada pukul 19.30 WIT, yang isinya “  Masih melanjutkan materi tentang  kegaulauan guru menulis apa dalam tulisan artikelnya.    Bahwa, kebingungan guru mau menulis apa yang akan dituangkannya sebenarnya tidak akan terjadi,  jika guru mau melihat sesuatunya dari hal yang terdekat dengan dirinya atau tugas dan profesinya selama ini, baik itu tentang kehidupan pribadinya, seluk beluk pekerjaan, berbagai masalah yang dihadapinya dalam melaksanakan tugas atau profesinya, dan hal-hal yang paling dialami dan diketahuinya. Guru memiliki bahan atau materi tulisan yang dekat dengan diri dan kehidupannya sehari-hari”.

Selanjutnya, penulsi mengirim pesan lagi pada pukul 19.32 WIT, yang isinya “  Lalu, bagaimana lagi dengan cerita dari perjalanan kita  sebagai guru? Tentunya banyak pula cerita dan pengalaman yang dapat dijadikan bahan atau materi tulisan. Guru tentu  paling mengetahui secara detail perjalanan karir dari profesinya sebagai guru dibandingkan orang lain. Perjalanan karir sebagai guru tentu bukan perjalanan karir biasa, karena menjadi guru itu sebuah pengabdian yang banyak menyimpan cerita didalamnya. Cerita yang diawali saat pertama praktik mengajar di kelas latihan, saat pertama masuk kelas melaksanakan tugas menjadi guru, saat dimana bertemu dengan siswa yang baru dikenal,  mengenal satu per satu siswa, dan berbagai cerita lainnya”.

###1082###

Views All Time
Views All Time
168
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN BIMBINGAN ONLINE WORKSHOP MENULIS ARTIKEL II-2018 Bagian 22. Pembahasan dan Diskusi tentang Kebuntuan Mencari Ide Tulisan-2
Next articleBERGABUNG DENGAN GRUP TELEGRAM BARU GRUP Sambel Trasi
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY